Kompas.com - 15/04/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Setelah didului dengan berbagai rumor, WhatsApp akhirnya memastikan bahwa mereka tengah menguji coba fitur terbarunya yang bernama Community alias Komunitas.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sejumlah grup di WhatsApp, yang mungkin berkaitan satu sama lain dan memiliki topik sama, ditampung dalam sebuah grup besar layaknya sebuah komunitas.

Product Manager WhatsApp, Jyoti Sood mengatakan fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna berdiskusi dengan grup lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama, serta menyusun grup-grup yang ada sesuai dengan topiknya.

"Community memungkinkan pengguna atau admin grup mengatur berbagai grup mereka yang memiliki topik serupa dengan mudah, sekaligus meningkatkan interaksi antar grup yang berada di dalam satu komunitas," ujar Sood kepada KompasTekno dalam sebuah acara virtual Rabu (13/4/2022).

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Tab Komunitas, Apa Fungsinya?

Sood lantas menggambarkan bagaimana nantinya fitur Komunitas ini bakal bekerja di WhatsApp.

Seorang kepala sekolah, misalnya, bisa menggabungkan beberapa grup kecil seperti grup masing-masing kelas, grup para guru, grup ekstrakurikuler, dan lain sebagainya ke dalam sebuah grup besar yang dinamai "Sekolah".

Begitu juga dengan grup besar "Restoran" yang bisa berisi grup-grup kecil macam grup koki, grup yang membahas bahan makanan, hingga grup resepsionis, sebagaimana ilustrasi gambar berikut ini.

Baca juga: Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Terbaca atau Belum meski Centang Biru Dimatikan

Fitur Community di WhatsApp.WhatsApp Fitur Community di WhatsApp.

Bisa kirim pesan ke seluruh grup di komunitas

Tak hanya menyatukan grup kecil ke dalam satu payung besar, para admin dari berbagai grup yang terkumpul juga bisa menyampaikan informasi penting melalui grup khusus yang dinamai "Announcement Group".

Grup ini, yang diwakili dengan gambar grup menyerupai "toa" berwarna hijau seperti ilustrasi di atas, berisi seluruh anggota dari grup-grup kecil yang sudah digabungkan tadi, termasuk para adminnya.

Meski demikian, hanya admin dari masing-masing grup saja yang bisa membagikan informasi dalam Announcement Group.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.