Kompas.com - 15/04/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi meluncurkan ponsel kelas mid-range terbaru ke pasar Indonesia, yaitu Redmi Note 11 series pada Maret 2022 lalu. Ada tiga model yang dirilis, salah satunya adalah Redmi Note 11 Pro.

Redmi Note 11 Pro merupakan penerus dari ponsel Redmi Note 10 Pro yang dijual di Tanah Air pada Maret 2021.

Sebagi suksesor, Redmi Note 11 Pro hadir dengan desain yang lebih segar, dan spesifikasi yang telah ditingkatkan.

Penasaran seperti apa penampilan ponsel Redmi Note 11 Pro, dan apa saja aksesori yang ada disertakan di dalam kotak kemasan penjualannya? Ikuti penelusuran berikut ini.

Unboxing Redmi Note 11 Pro

KompasTekno sendiri berkesempatan menjajal Redmi Note 11 Pro (8/128 GB) warna Star Blue versi ritel Indonesia.

Untuk kotak kemasan, Redmi Note 11 Pro masih mempertahankan desain kemasan yang minimalis seperti pendahulunya.

Baca juga: Video: Unboxing dan Hands-on Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G yang Mulai Dijual Hari Ini

Desain kotaknya masih didominasi dengan foto produk dengan latar belakang warna putih. Lalu di bagian depan terdapat foto unit ponsel beserta nama dari ponsel Redmi Note 11 Pro.

Ketika dibuka, isi kotak penjualan Redmi Note 11 Pro juga masih sama seperti lini ponsel mid-range Xiaomi lainnya. Isinya terdiri atas satu unit ponsel, kabel USB A to USB C, kepala adapter charger 67 watt, SIM card ejector tool.

Ada pula softcase, buku panduan pengguna, kartu garansi, dan tak ketinggalan "surat cinta" dari Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Kotak kemasan Redmi Note 11 Pro berisi satu unit ponsel, adapter charger 67 watt, kabel USB tipe A to USB tipe C, panduan penggunaan dalam bahasa Indonesia, kartu garansi, softcase, serta SIM card ejector tool. Tak ketinggalan, ada pula kartu ucapan terima kasih dari Alvin Tse.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kotak kemasan Redmi Note 11 Pro berisi satu unit ponsel, adapter charger 67 watt, kabel USB tipe A to USB tipe C, panduan penggunaan dalam bahasa Indonesia, kartu garansi, softcase, serta SIM card ejector tool. Tak ketinggalan, ada pula kartu ucapan terima kasih dari Alvin Tse.
Desain bodi baru

Kali ini, Redmi Note 11 Pro hadir dengan desain berbeda dibanding pendahulunya, Redmi Note 10 Pro.

Untuk bodinya, kini, Redmi Note 11 Pro dibekali dengan desain flat alias datar pada seluruh bagian bingkai (frame) ponsel, tidak lagi melengkung seperti pendahulunya.

Bodi ponsel ini memiliki dimensi tinggi 164,19 mm, lebar 76,1 mm, dan ketebalan 8,12 mm. Beratnya adalah 202 gram.

Sebenarnya, ponsel ini sedikit lebih berat dan sedikit lebih tebal dibanding Redmi Note 10 Pro. Namun dengan dimensi tadi, Redmi Note 11 Pro masih terasa pas digenggam dengan satu tangan.

Namun, dengan ukuran layar yang mencapai 6,67 inci membuat pengoperasian dengan satu tangan terasa kurang nyaman. Sebab, jempol tangan kanan tidak sampai menjangkau aplikasi yang ada di pojok paling kiri ponsel.

Untuk bodi bagian belakang, Redmi Note 11 Pro menggunakan material plastik dengan finishing mengilap sehingga memberikan efek cermin.

Karena terbuat dari bahan plastik, punggung Samsung Galaxy M62 mudah terkena cetakan sidik jari. Namun, membersihkannya pun juga mudah, cukup dilap menggunakan kain atau tisu.

Baca juga: Selisih Rp 300.000, Ini Beda Redmi Note 11 Pro 5G dan Realme Pro 5G

Saat diusap, permukaan punggung ponsel ini terasa tak terlalu licin. Namun, supaya lebih aman, tak ada salahnya pengguna menggunakan softcase bawaan untuk menghindari ponsel terlepas dari genggaman tangan.

KompasTekno sendiri mendapatkan Redmi Note 11 Pro varian warna Star Blue yang cantik dan kekinian. Varian ini menampilkan perpaduan warna biru-keunguan dengan sentuhan efek hologram di bagian punggung ponsel.

Ini membuat punggung ponsel dapat menampilkan warna yang berubah-ubah (gabungan biru, ungu, kuning, pink, hijau, atau oranye), saat terkena cahaya, dan dilihat dari sudut pandang tertentu.

Tak hanya itu, warna Star Blue tersebut turut dihiasi dengan motif gliter sehingga terlihat "bling-bling" ketika terkena cahaya.

Bila diliha secara saksama, bagian punggung Redmi Note 11 Pro kini dihiasi dengan motif gliter. Ketika terkena chaya, punggung berwarna biru itu bisa berubah warna menjadi gradasi kuning, hijau, serta oranye. Punggung ponsel ini juga memberikan efek cermin.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Bila diliha secara saksama, bagian punggung Redmi Note 11 Pro kini dihiasi dengan motif gliter. Ketika terkena chaya, punggung berwarna biru itu bisa berubah warna menjadi gradasi kuning, hijau, serta oranye. Punggung ponsel ini juga memberikan efek cermin.
Di bagian punggung tersebut, ada pula sebuah modul kamera (camera bump) yang cukup tebal, sebagai rumah dari empat kamera belakangan Redmi Note 11 Pro.

Keempat kamera belakang itu terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.9), kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Penempatan empat kamera belakang di dalam modul juga sedikit dirombak, meski bentuk modul masih tetap sama, yakni berbentuk persegi panjang.

Di samping itu, kamera makro Redmi Note 11 Pro tersebut juga merupakan down grade dari pendahulunya. Sebelumnya, Redmi Note 10 Pro dibekali kamera makro beresolusi 5 MP. Selebihnya, konfigurasi kamera Redmi Note 11 Pro sama persisi seperti pendahulunya.

Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Pro turut dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti panorama, night mode, slow motion, potrait, 108MP, hyperlapse, dan pro.

Di samping itu, kamera depan dan belakang ponsel ini juga bisa merekam video dengan pilihan resolusi 720p (30 fps) dan 1080p (30 fps).

Layar Super AMOLED 120 Hz

Layar Redmi Note 11 Pro menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 360 Hz. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Layar Redmi Note 11 Pro menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 360 Hz.
Untuk layar, Redmi Note 11 Pro versi Indonesia mengusung panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel).

Di bagian tengah atas layar, terdapat sebuah lubang kecil alias punch hole yang memuat kamera selfie 16 MP (f/2.4).

Layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate 360 Hz.

Dengan refresh rate 120 Hz, menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Layar Redmi Note 11 Pro ini juga memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.200 nits, sehingga konten di layar diklaim masih akan tetap terlihat meski layar terpapar sinar matahari terik.

Di samping itu, Layar ponsel ini sudah dilindungi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan terhadap goresan.

Sayangnya, layar Super AMOLED dari ponsel mid-range anyar Xiaomi ini belum mendukung sistem biometrik kekinian, yaitu pemindai sidik jari (fingerprint) yang dibenamkan di bawah permukaan layar (under-display).

Spesifikasi Redmi Note 11 Pro

Lanjut membahas tombol dan port. Sedikit berbeda dibanding pendahulunya, kini, sisi kiri ponsel Redmi Note 11 Pro terlihat bersih tanpa lubang atau port apapun. Sebelumnya, sisi tersebut digunakan untuk laci SIM.

Baca juga: Dari Layar hingga Baterai, Ini Fitur Unggulan Xiaomi Redmi Note 11

Sekarang, laci SIM Redmi Note 11 Pro terdapat di bagian bawah bodi ponsel, bersamaan dengan port USB Type-C dan lubang speaker.

Laci SIM card pada ponsel ini bersifat dual SIM hybrid. Artinya pengguna bisa menggunakan dua kartu SIM (nano) atau satu kartu SIM nano dan kartu eksternal microSD untuk ekspansi kapasitas penyimpanan.

Di sisi atas ponsel terdapat lubang speaker serta colokan jack audio 3,5mm.

Sementara tombol daya dan volume terdapat di sisi kanan ponsel. Tombol daya tersebut juga merangkap sebagai pemindai sidik jadi (fingerprint side-mounted).

Sisi atas bodi Redmi Note 11 Pro (atas) dihiasi oleh colokan audio jack 3.5mm dan lubang speaker. Di sisi bawah (bawah), terdapat lubang speaker, port USB Type-C, serta slot kartu SIM.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Sisi atas bodi Redmi Note 11 Pro (atas) dihiasi oleh colokan audio jack 3.5mm dan lubang speaker. Di sisi bawah (bawah), terdapat lubang speaker, port USB Type-C, serta slot kartu SIM.
Di sektor hardware, Redmi Note 11 Pro ditenagai chipset MediaTek Helio G96, yang dipadukan dengan RAM 6/8 GB serta penyimpanan media 128 GB.

Ponsel ini turut dilengkapi dengan fitur RAM Expansion hingga 3 GB untuk menambah kapasitas RAM. Jadi, secara total, pengguna bisa menikmati RAM 9/11 GB.

Untuk sektor daya, Redmi Note 11 Pro dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah mendukung fitur pengisian daya cepat "Turbo Charging" 67 watt. Ponsel ini sudah menajalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka terbaru Xiaomi, MIUI 13. B

Fitur lain yang dibawa ponsel ini meliputi NFC, Bluetooth 5.1, WiFi 802.11 b/g/n/ac, speaker ganda, dan teknologi Liquid Cool.

Di Indonesia, Redmi Note 11 Pro hadir dalam pilihan warna Polar White, Graphite Gray, Star Blue. Berikut rincian harga Redmi Note 11 Pro di Indonesia:

Nah, masih penasaran melihat wujud Xiaomi Redmi Note 11 Pro dari segala sisi? Foto-foto unboxing ponsel ini bisa dilihat di galeri foto di tautan berikut ini. Sementara spesifikasi Redmi Note 11 Pro selengkapnya dapat disimak melalui tabel di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 Pro 
Layar Super AMOLED 6,67 inci, resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 360 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 1.200 nits, kerapatan piksel 395 ppi, spektrum warna CI-P3 gamut, sunlight display, mode baca 3.0, dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5
Dimensi dan bobot 164,19mm (tinggi) x 76,1mm (lebar) x 8,12mm (ketebalan)
202 gram
System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G96 (12nm)
CPU: Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G57 MC2
RAM/memori internal RAM: 6/8 GB (RAM Expansion 3 GB)
Storage: 128 GB
Kamera belakang Kamera utama 108 MP (f/1.9)
Kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2, bidang pandang 118 derajat)
Kamera makro 2 MP (f/2.4)
Kamera depth sensor 2 MP (f/2.4)
Kamera depan Kamera selfie 16 MP (f/2.4)
Perekaman video Kamera belakang: 1080p 1920x1080 @30fps, 720p 1280x720 @30fps. Kamera depan: 1080p 1920x1080 @30fps, 720p 1280x720 @30fps
NFC Ada
Baterai 5.000 mAh, Turbo Charging 67 watt
SIM dan konektor dual SIM Hybrid, USB Type-C, colokan audio jack 3.5mm
Biometrik fingerprint side-mounted, face unlock
Fitur lainnya Android 11, MIUI 13, Bluetooth 5.1, WiFi 802.11 b/g/n/ac, speaker ganda, teknologi Liquid Cool, IR Blaster, GPS
Warna Polar White, Graphite Gray, Star Blue
Harga 6/128 GB : Rp 3.599.000
8/128 GB : Rp 3.899.000

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.