Kompas.com - 15/04/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Setelah memborong saham Twitter, CEO Tesla, Elon Musk tertarik untuk membeli seluruh saham platform mikroblogging itu. Orang terkaya di dunia itu mengajukan tawaran tersebut melalui Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Musk memberikan tawaran harga per lembar saham 54,20 dolar AS (sekitar Rp 750.000). Menurut CNBC, secara total tawaran Musk untuk 100 persen saham Twitter bernilai sekitar 43 miliar dolar AS (Rp 618 triliun).

Valuasi Twitter sendiri benilai lebih rendah dari tawaran Musk, yakni sekitar 37 miliar dolar AS (Rp 517 triliun).

Baca juga: Elon Musk Borong Saham Twitter Senilai Rp 41 Triliun

Minatnya untuk membeli seluruh saham Twitter juga diungkapkan lewat akun Twitter pribadinya dengan handle @elonmusk. Dalam twitnya, Musk tidak mengungkap gamblang keinginannya, alih-alih, ia langsungg menyematkan pranala tautan yang mengarah ke SEC.

"Saya buat penawaran...," twit Musk beserta tautan ke arsip SEC.

Dalam tawaran yang diajukan pada 14 April tersebut, Musk berkata bahwa Twitter perlu diubah menjadi perusahaan privat.

"Saya berinvestasi di Twitter karena percaya pada potensinya untuk menjadi platform kebebasan bicara di seluruh dunia, dan saya percaya kebebasan bicara adalah hal penting bagi demokrasi," kata CEO Tesla itu melalui surat untuk Chairman Twitter, Bret Taylor dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (15/42022).

Investor tidak tertarik?

Tawaran ini telah dikonfirmasi oleh Twitter. Meski demikian, perusahaan belum memutuskan apakah akan menerima atau menolaknya.

"Dewan direksi Twitter akan meninjau proposal untuk menentukan keputusan terbaik bagi kepentingan perusahaan maupun semua investor Twitter," kata perusahaan melalui keterangan resminya.

Baca juga: Elon Musk Jadi Pemegang Saham Terbesar Twitter, Segera Ambil Alih?

Kabarnya, kedua belah pihak sudah melakukan pertemuan pagi ini (Jumat,15/4) waktu AS. Konon, para pemegang saham tidak tertarik dengan tawaran Musk. Mereka bahkan disebut menggunakan strategi yang akan mencegah Musk mengambil alih Twitter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.