Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengubah Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook

Kompas.com - 16/04/2022, 17:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple terkenal cukup eksklusif terhadap ekosistem antar perangkatnya. Salah satu bentuk eksklusivitas itu adalah keberadaan fitur AirDrop. Sebagian pengguna perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Macbook, mungkin tak asing lagi dengan AirDrop

AirDrop adalah fitur berbagi file yang hanya bisa dioperasikan antar pengguna perangkat Apple. Cara main AirDrop cukup sederhana, pengguna hanya perlu mengaktifkan sambungan Bluetooth dan WiFi di perangkat Apple.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Kemudian, pilih file yang hendak dikirim atau dibagikan ke perangkat Apple lainnya. Di menu berbagi file, pilih metode “AirDrop” dan pilih perangkat Apple di sekitar yang dituju sebagai penerima. Tunggu beberapa saat hingga file berhasil dibagikan.

AirDrop bisa digunakan untuk berbagi file antar perangkat Apple, bisa dari iPhone ke iPad, Macbook ke iPad, iPhone ke Macbook, dan sebaliknya. Sebelum mulai berbagi file, perangkat Apple biasanya bakal mendeteksi keberadaan nama AirDrop.

Nama AirDrop itu dipakai untuk mengidentifikasi perangkat Apple lain yang bakal menerima kiriman file. Secara default, nama AirDrop itu akan muncul sesuai dengan jenis perangkat Apple yang dipakai.

Misal, Anda memakai iPhone 13 Pro Max maka jenis perangkat itu bakal dipakai jadi nama AirDrop. Nama AirDrop bisa juga secara default diambil dari kombinasi inisial Apple ID dan jenis perangkat Apple.

Misalnya, Anda menggunakan Macbook dengan inisial Apple ID yang terdaftar adalah “Siti” maka nama AirDrop secara default akan jadi “Macbook Siti”. Meski nama AirDrop telah diatur secara default, tapi sebenarnya masih dapat diubah sesuai keinginan.

Untuk mengubah nama AirDrop itu cukup mudah, namun tak semua pengguna mungkin memahaminya. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengubah nama AirDrop di iPhone, iPad, atau Macbook, simak penjelasan di bawah ini.

1. Cara mengubah nama AirDrop iPhone

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  • Kemudian, klik opsi “Umum” dan pilih opsi “Mengenai
  • Pada kolom “Nama”, ganti nama AirDrop iPhone lama Anda dengan yang baru.

Ilustrasi cara mengubah nama AirDrop iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengubah nama AirDrop iPhone

2. Cara mengubah nama AirDrop iPad

  • Mengubah nama AirDrop iPad caranya mirip dengan di iPhone. Pertama, klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  • Kemudian, klik opsi “Umum” dan pilih opsi “Mengenai"
  • Pada kolom “Nama”, ganti nama AirDrop iPad lama Anda dengan yang baru.

Baca juga: Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun dan Perlukah Khawatir?

3. Cara mengubah nama AirDrop Macbook

  • Klik ikon Apple yang berada di layar “home” Macbook
  • Kemudian, pilih menu “System Preferences”
  • Lalu, klik menu “Sharing”
  • Pada kolom “Computer Name”, ganti nama AirDrop Macbook lama Anda dengan yang baru.

Ilustrasi cara mengubah nama AirDrop MacbookKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengubah nama AirDrop Macbook

Setelah melakukan cara di atas, nama AirDrop Anda bakal berubah sesuai dengan pengaturan yang baru saja ditambahkan. Saat melakukan pengiriman file, nama AirDrop baru tersebut juga akan muncul dan terdeteksi.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Semua Kontak di iPhone dengan Mudah

Cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1 dan Macbook dengan MacOS Mojave. Beda versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya. Itulah tiga cara mengubah nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com