Ciri-ciri Akun Instagram Dibajak, Cara Mengatasi, dan Mencegahnya

Kompas.com - 16/04/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Seperti kebanyakan media sosial, Instagram juga rentan diretas (hack). Sasarannya tidak cuma pengguna biasa, akun Instagram milik toko kenamaan, seperti artis, pejabat, politisi, hingga brand pun pernah jadi korban hacker.

Biasanya, hacker memanfaatkan akun Instagram yang sudah diambil alih untuk melakukan penipuan dan tindakan kriminal siber lainnya. Hal tersebut tentu merugikan pemilik akun asli, sebab namanya dicatut hacker untuk melakukan tindakan kriminal.

Agar lebih waspada, ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri akun Instagram dibajak. Berikut  ciri-ciri akun Instagram dibajak oleh orang lain:

  • Pengguna tidak dapat login ke akun Instagram.

  • Terdapat gambar "asing" yang muncul di halaman feed, namun gambar tersebut tidak diposting secara pribadi oleh pemilik akun.

  • Akun Instagram Anda tiba-tiba mengikuti (follow) akun pengguna lain secara tiba-tiba.

  • Adanya aktivitas aneh, seperti spam yang memenuhi halaman feed.

  • Ada informasi pribadi yang diubah, misalnya bio, foto profil, alamat e-mail, atau nomor telepon.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Musik di Unggahan Feed, Pengguna Indonesia Sudah Kebagian

Hal yang harus dilakukan jika akun Instagram dibajak

Lantas, apa yang perlu dilakukan jika akun Instagram Anda sudah menunjukkan adanya ciri-ciri seperti di atas?

  • Segera ganti password akun Instagram Anda. Apabila terlanjur dibaajak dan gagal login, gunakan opsi pemulihan akun dengan mengeklik "Lupa password" dan ikuti langkah selanjutnya sesegera mungkin
  • Jika sudah berhasil login kembali, segera aktifkan fitur keamanan otentifikasi dua faktor (2FA).
  • Laporkan kasus peretasan akun ke pihak Instagram. Bisa memanfaatkan fitur "bantuan" yang bisa dibuka lewat profil > pengaturan > bantuan > laporkan masalah
  • Periksa aktivitas login Anda. Caranya, klik profil > pengaturan > keamanan > aktivitas login. Anda bisa melihat lokasi mana saja akun Anda pernah login. Apabila ada lokasi mencurigakan, klik ikon titik tiga di lokasi tersebut, lalu klik "logout"
  • Cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan. Caranya, buka Instagram via browser, lalu klik settings > apps and websites > pilih situs/aplikasi mencurigakan > revoke access untuk mencabut akses atau view and edit untuk melakukan penyesuaian.
  • Pastikan nomor telepon dan alamat e-mail Anda di pengaturan akun adalah milik Anda.

Baca juga: Influencer Keluhkan Pendapatan dari Instagram Reels Turun Drastis

Cara mencegah akun Instagram dibajak

Untuk menghindari akun Instagram dibajak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut KompasTekno rangkum cara mencegah akun Insatgram dibajak, melansir Nord VPN, Rabu (13/4/2022).

  • Jangan menghubungkan akun Instagram ke Facebook

Banyak pengguna yang menggunakan akun Facebook mereka untuk login ke akun Instagram dan aplikasi lain. Meski terbilang praktis, upaya tersebut dapat membahayakan pengguna.

Jika informasi kredensial Facebook terungkap, maka hacker dapat dengan sekejap mengambil alih semua akun yang terhubung dengan Facebook.

  • Gunakan password yang kuat

Untuk menghindari peretasan akun, pengguna disarankan untuk menggunakan password yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter spesial. Sebisa mungkin, buat password yang sulit diterka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.