Kompas.com - Diperbarui 28/04/2022, 07:32 WIB

KOMPAS.com - Tampaknya sudah menjadi hal umum, masyarakat Indonesia melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga, setelah menjalani bulan Ramadhan.

Saat mudik Lebaran, lalu lintas kendaraan biasanya bakal meningkat di beberapa ruas jalan. Masyarakat yang berbondong-bondong pulang kampung menggunakan moda transportasi darat, menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan itu sangat mungkin terjadi.

Baca juga: 2 Cara Beli Tiket Kapal secara Online untuk Mudik Lebaran 2022

Perjalanan mudik lebaran mungkin jadi terasa menjemukkan bila harus terjadi kemacetan di jalan. Untuk menghindari persoalan ini, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di ponsel untuk melihat kemacetan saat melangsungkan mudik Lebaran 2022.

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kemacetan lalu lintas, seperti Google Maps dan Waze.

Selain itu, terdapat pula aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kemacetan, misalnya seperti Travoy. Sudah penasaran dengan bagaimana cara melihat jalan macet lewat ketiga aplikasi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cara melihat jalan Macet di Google Maps

Ilustrasi aplikasi untuk melihat kemacetan Google MapsApp Store Ilustrasi aplikasi untuk melihat kemacetan Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi dengan direktori jalan yang cukup lengkap, termasuk kondisi lalu lintas di dalamnya. Google Maps dapat menampilkan kondisi kemacetan lalu lintas yang terjadi di ruas-ruas jalan.

Pada peta yang disajikan Google Maps, terdapat tiga warna jalan yang menunjukkan kondisi lalu lintas, meliputi jalan warna merah, kuning, dan hijau. Jalan warna merah untuk menunjukkan kondisi lalu lintas macet.

Jalan warna kuning untuk menunjukkan kondisi lalu lintas cukup macet, tapi masih terdapat jarak antar kendaraan. Sedangkan jalan warna hijau, artinya kondisi lalu lintas lancar, tidak ada hambatan atau tidak terjadi kemacetan.

Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuningKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuning

Dengan fitur tersebut, Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk melihat kemacetan lalu lintas pada jalan yang hendak dilewati saat mudik lebaran. Cara melihat kondisi jalan macet di Google Maps itu cukup mudah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.