Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Bikin MIUI Go untuk Ponsel dengan RAM Terbatas

Kompas.com - 18/04/2022, 08:29 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi, berencana merilis sistem operasi miliknya, MIUI dengan versi yang lebih ringan. Sistem operasi versi lite tersebut akan diberi nama MIUI Go.

MIUI Go akan dibuat dengan basis sistem operasi Android, lebih tepatnya adalah Android 11 Go.

MIUI Go dibuat untuk ponsel yang memiliki keterbatasan kapasitas RAM dan penyimpanan. MIUI Go akan memiliki ukuran file sistem operasi yang lebih kecil dibandingkan dengan MIUI reguler.

Tidak hanya ukuran sistem operasi, aplikasi utama yang disertakan juga akan mendukung versi ringan, seperti YouTube, Gmail, Google Maps, yang memiliki ukuran file lebih kecil dibanding versi reguler.

Baca juga: Video: Redmi Go, Ponsel Android Go Pertama Xiaomi

Ponsel yang disebut akan menggunakan MIUI Go pertama kali adalah Poco C40, sub-brand dari Xiaomi. Ponsel yang belum memiliki tanggal rilis tersebut akan mengusung MIUI Go, karena spesifikasinya, baik dari RAM dan kapasitas penyimpanan yang rendah.

Selain masalah kapasitas penyimpanan dan RAM, Poco C40 juga disebut akan memakai chipset dengan kelas entry-level. Belum jelas, chipset yang akan dipasangkan kepada POCO C40.

Laporan XDA-Developers menyebut, Poco C40 tidak akan dipasangkan chipset baik dari Qualcomm maupun MediaTek.

"Menurut anggota senior XDA (dengan nama kacskrz), Poco C40 tidak akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 680 seperti Redmi 10C. Poco C40 juga tidak akan menggunakan chipset dari MediaTek," tulis laporan tersebut, dikutip KompasTekno, Sabtu (16/4/2022).

Laporan yang sama juga menyebut bahwa nantinya Poco C40 akan dipasangkan chipset bermerek JLQ dengan versi JR15. Chipset tersebut dapat ditemukan pada ponsel buatan perusahaan jaringan dan IoT AS, Q1, yakni Treswave TW104.

Baca juga: Fitur-fitur Android 12 Go Editon, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

Meski demikian, situs GSMArena mencantumkan bahwa Poco C40 akan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 680, meski mengatakan hal itu baru sebatas prediksi, dan tidak 100 persen benar.

Sebelumnya, Google telah lebih dahulu merilis OS Android versi ringan, yang diberi nama Android Go, yang dirilis pada 2017 lalu.

Android Go versi pertama menggunakan basis Android 8.0 (Android Oreo) dan dinamai Android Oreo (Go Edition). Saat ini, versi terbaru Android Go adalah berbasis Android 12, yakni Android 12 Go.

Ponsel pertama di dunia yang mengusung sistem operasi Android Go adalah Alcatel 1X. Xiaomi juga pernah merilis ponsel dengan OS Android Go, yaitu Redmi Go yang dirilis di Indonesia pada 2019 lalu.

Dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Sabtu (16/4/2022), rencana Google untuk membidik ponsel dengan kapasitas penyimpanan dan RAM yang lebih kecil tidak sesuai perkiraan, karena ponsel Android (Go Edition) tidak terlalu diminati di pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com