Xiaomi Bikin MIUI Go untuk Ponsel dengan RAM Terbatas

Kompas.com - 18/04/2022, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi, berencana merilis sistem operasi miliknya, MIUI dengan versi yang lebih ringan. Sistem operasi versi lite tersebut akan diberi nama MIUI Go.

MIUI Go akan dibuat dengan basis sistem operasi Android, lebih tepatnya adalah Android 11 Go.

MIUI Go dibuat untuk ponsel yang memiliki keterbatasan kapasitas RAM dan penyimpanan. MIUI Go akan memiliki ukuran file sistem operasi yang lebih kecil dibandingkan dengan MIUI reguler.

Tidak hanya ukuran sistem operasi, aplikasi utama yang disertakan juga akan mendukung versi ringan, seperti YouTube, Gmail, Google Maps, yang memiliki ukuran file lebih kecil dibanding versi reguler.

Baca juga: Video: Redmi Go, Ponsel Android Go Pertama Xiaomi

Ponsel yang disebut akan menggunakan MIUI Go pertama kali adalah Poco C40, sub-brand dari Xiaomi. Ponsel yang belum memiliki tanggal rilis tersebut akan mengusung MIUI Go, karena spesifikasinya, baik dari RAM dan kapasitas penyimpanan yang rendah.

Selain masalah kapasitas penyimpanan dan RAM, Poco C40 juga disebut akan memakai chipset dengan kelas entry-level. Belum jelas, chipset yang akan dipasangkan kepada POCO C40.

Laporan XDA-Developers menyebut, Poco C40 tidak akan dipasangkan chipset baik dari Qualcomm maupun MediaTek.

"Menurut anggota senior XDA (dengan nama kacskrz), Poco C40 tidak akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 680 seperti Redmi 10C. Poco C40 juga tidak akan menggunakan chipset dari MediaTek," tulis laporan tersebut, dikutip KompasTekno, Sabtu (16/4/2022).

Laporan yang sama juga menyebut bahwa nantinya Poco C40 akan dipasangkan chipset bermerek JLQ dengan versi JR15. Chipset tersebut dapat ditemukan pada ponsel buatan perusahaan jaringan dan IoT AS, Q1, yakni Treswave TW104.

Baca juga: Fitur-fitur Android 12 Go Editon, Bisa Buka Aplikasi Tanpa Download

Meski demikian, situs GSMArena mencantumkan bahwa Poco C40 akan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 680, meski mengatakan hal itu baru sebatas prediksi, dan tidak 100 persen benar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.