Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Daftar Fitur Google Maps yang Bisa Dimanfaatkan untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 18/04/2022, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini masyarakat Indonesia diperbolehkan melaksanakan mudik lebaran 2022 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk Anda yang akan melaksanakan keberangkatan mudik menggunakan jalur darat seperti mobil, sudah pasti memanfaatkan Google Maps sebagai navigasi arah menuju lokasi tujuan.

Selain sebagai petunjuk arah, Google Maps ternyata memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan ketika perjalanan mudik lebaran 2022.

Untuk selengkapnya berikut KompasTekno rangkum daftar fitur Google Maps yang berguna untuk perjalanan mudik Anda.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Jasa Raharja Lewat Aplikasi dan Website

Fitur lalu lintas

Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuningKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuning

Arus mudik di jalan raya biasanya menimbulkan lalu lintas padat hingga kemacetan. Dengan fitur ini pemudik dapat mengetahui titik titik arus mudik yang sedang mengalami kepadatan dan kemacetan.

Tujuannya agar pemudik dapat mewaspadai dan mempersiapkan berbagai hal saat berada di arus kemacetan. Fitur lalu lintas akan menampilkan jalan raya dengan kode-kode warna tertentu seperti warna oranye, hijau, dan merah.

Warna-warna tersebut menandakan kondisi kepadatan lalu lintas seperti hijau yang berarti lalu lintas sedang lenggang atau lancar. Oranye jumlah arus lalu lintas sedang. Merah yang berarti lalu lintas sedang macet. Jika warna merah semakin gelap, maka arus lalin semakin padat.

Cara mengaktifkan fitur lalu lintas adalah buka Google Maps > klik menu tiga garis vertikal di sebelah kiri > klik “Traffic”.

Fitur restoran, SPBU, ATM, dan Belanja

Fitur Google Maps untuk mudikKompas.com/soffyaranti Fitur Google Maps untuk mudik

Keempat fitur ini juga sangat berguna bagi Anda yang sedang melakukan perjalan mudik 2022 cukup jauh. Pengguna dapat menemukan rest area terdeka di titik perjalanannya seperti SPBU, restoran, hingga pusat perbelanjaan.

Untuk menggunakan fitur ini buka Google Maps > scroll ke bawah dan lihat “Nearby places” > terdapat beberapa ikon restoran, SPBU, ATM, dan pusat perbelanjaan > klik salah satu (misal: SPBU) > nantinya Gmaps akan menampilkan beberapa titik terdekat SPBU dari lokasi Anda. Selain itu Anda juga dapat melihat fitur-fitur ini di bagian atas maps. 

Baca juga: Google Maps di Ukraina Dimatikan Sementara untuk Lindungi Warga

Fitur menyimpan rute perjalanan

cara menyimpan rute perjalanan gmapsGoogle Maps cara menyimpan rute perjalanan gmaps

Fitur menyimpan rute perjalanan juga bermanfaat bagi Anda ketika melakukan perjalanan mudik lebaran.

Dengan fitur menyimpan rute perjalanan pengguna tidak perlu berulang mengetikkan rute perjalanan di Google Maps setiap kali akan melakukan perjalanan ke beberapa tempat yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com