Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur Sembunyikan "Last Seen" dari Kontak Tertentu

Kompas.com - 18/04/2022, 12:31 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki fitur yang bisa menampilkan status last seen (terakhir dilihat). Fitur ini berguna untuk mengecek kapan terakhir kali pengguna membuka aplikasi WhatsApp.

Fitur last seen sendiri bisa disembunyikan dari pengguna lainnya, supaya mereka tidak bisa melihat kapan terkahir kali kita membuka aplikasi WhatsApp.

Akan tetapi, pengguna hanya bisa menyembunyikan status last seen dari semua orang atau "Nobody", ditampilkan ke semua orang atau "Everyone", atau ditampilkan ke daftar kontak alias "My Contacts".

Baca juga: Last Seen WhatsApp Akan Bisa Disembunyikan dari Kontak Tertentu

Kini, WhatsApp dikabarkan tengah menyiapkan fitur untuk menyembunyikan informasi last seen untuk kontak-kontak tertentu saja. Artinya, pengguna bisa mengatur siapa yang bisa melihat status last seen serta siapa yang tidak.

Setidaknya begitu menurut informasi dari WABetaInfo, pembocor ulung yang biasa membagikan kabar terkait fitur terbaru WhatsApp.

Menurut mereka, fitur untuk menyembunyikan status last seen secara spesifik dari orang tertentu akan bisa diatur lewat opsi "My Contacts Except..." atau "Kontak saya kecuali...".

Ilustrasi fitur Last Seen WhatsApp yang disambangi dengan opsi My Contacts Except...WABetaInfo Ilustrasi fitur Last Seen WhatsApp yang disambangi dengan opsi My Contacts Except...

Fitur ini nantinya bisa diakses lewat menu "Settings" > "Account" > "Privacy" > "Last Seen", dan bakal muncul sebagai opsi tambahan dari tiga opsi yang sudah ada, yaitu "Nobody", "Everyone", dan "My Contacts" tadi, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Selain muncul di menu "Last Seen", opsi "My Contacts Except" ini juga bakal bisa ditemukan di menu "Profile Photo" (foto profil) dan "About" (info).

Jika diterapkan di menu "Profile Photo", maka foto profil pengguna akan disembunyikan dari sejumlah kontak WhatsApp secara spesifik.

Baca juga: Status Last Seen WhatsApp Bakal Disembunyikan dari Orang Asing

Sementara itu, apabila opsi "My Contacts Except" ini diterapkan di menu "About", maka informasi terkait akun pengguna akan disembunyikan dari sejumlah kontak WhatsApp secara spesifik.

Belum diketahui kapan fitur ini bakal menyambangi pengguna umum. Terlebih, WhatsApp sendiri belum mengumbar informasi terkait kehadiran fitur "My Contacts Except" di pengaturan "Last Seen", "Profile Picture", dan "About" ini.

Namun, fitur tersebut konon tengah digelontorkan secara bertahap untuk diuji coba ke sejumlah pengguna WhatsApp Beta versi 22.9.0.70 di perangkat iOS yang tergabung dalam program TestFlight.

Sementara untuk pengguna Android, fitur ini juga disebut tengah digelontorkan secara bertahap dan diuji coba di WhatsApp Beta versi 2.22.8.9.

Baca juga: Beda Online dan Last Seen di WhatsApp serta Cara Menyembunyikannya

Sudah bisa dijajal beberapa pengguna beta di Indonesia

Opsi My Contacts Except atau Kontak saya kecuali yang sudah muncul di laman Last Seen (Terakhir dilihat), Profile Photo (Foto profil), dan About (Info) di WhatsApp Android Beta versi 2.22.8.3.KOMPAS.com/Bill Clinten Opsi My Contacts Except atau Kontak saya kecuali yang sudah muncul di laman Last Seen (Terakhir dilihat), Profile Photo (Foto profil), dan About (Info) di WhatsApp Android Beta versi 2.22.8.3.

Pantauan KompasTekno, Senin (18/4/2022), opsi My Contacts Except, tampaknya belum muncul di laman "Last Seen", "Profile Photo", atau "About" di aplikasi WhatsApp Android versi 2.22.7.74.

Halaman:
Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com