Cara Mengirim WhatsApp Tanpa Kuota Internet atau Saat HP Mati

Kompas.com - 18/04/2022, 16:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Saat akan berkirim pesan di WhatsApp, tiba-tiba smartphone mati karena kehabisan baterai menjadi hal yang cukup menyebalkan. Terlebih lagi jika Anda akan mengirimkan pesan yang penting kepada rekan dan kerabat.

Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir karena dengan adanya fitur multi-device dari WhatsApp, pengguna dapat tetap bisa mengirim pesan meskipun ponsel sedang offline. 

Fitur multi-device sendiri merupakan fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp dapat digunakan pada empat perangkat secara bersamaan.

Sebelumnya, apabila ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain seperti WhatsApp Web atau desktop, ponsel pengguna harus tetap online dan aktif terus menerus.

Kini, setelah adanya fitur multi-device, WhatsApp web atau desktop tidak perlu selalu terhubung dengan ponsel yang online.

Sehingga, pengguna tetap dapat berkirim pesan via WhatsApp web/desktop jika ponselnya mati atau tidak punya kuota internet alias tidak ada koneksi internet.

Hanya saja, pengguna harus menautkan akun WhatsApp di HP ke WhatsApp web/desktop terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur multi-device WhatsApp? Simak caranya berikut ini.

Baca juga: Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Cara mengaktifkan multi-device WhatsApp

Multi deviceKompas.com/soffyaranti Multi device

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda
  • Klik menu titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Linked device”
  • Klik “Link a Device”
  • Selanjutnya scan kode QR yang tertera di WhatsApp web/desktop di perangkat yang ingin dihubungkan. Proses login dan menghubungkan perangkat ini memerlukan koneksi internet

Setelah akun WhatsApp tertaut, pengguna bisa mengakses WhatsApp web/desktop tanpa perlu ponselnya selalu aktif dan online.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suara

Fitur ini sangat bermanfaat apabila ponsel pengguna tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau sedang berada pada koneksi internet buruk. 

Adapun WhatsApp desktop harus tetap tersambung internet sehingga jika ponsel offline WhatsApp versi web atau desktop masih dapat berkirim pesan. 

Itulah cara kirim WhatsApp meskipun HP mati atau berada pada koneksi jaringan internet buruk. Semoga membantu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.