Kompas.com - 19/04/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Instagram sebagai salah satu platform media sosial punya beragam fitur menarik agar pengguna betah memakainya. Terbaru, Instagram telah menambahkan fitur musik untuk unggahan Feed.

Fitur yang diberi nama “Add Music” ini memungkinkan pengguna untuk membuat Feed disertai dengan tambahan musik yang berasal dari direktori Instagram. Secara pengoperasian, fitur musik di Feed Instagram hampir sama dengan Reels.

Baca juga: Ciri-ciri Akun Instagram Dibajak, Cara Mengatasi, dan Mencegahnya

Pengguna dapat menambahkan lagu atau audio di Feed dengan durasi maksimal 90 detik atau 1,5 menit. Ada cukup banyak lagu dan audio yang tersedia di direktori Instagram dan bisa dipilih pengguna untuk ditambahkan saat hendak mengunggah Feed.

Untuk mulai menambahkan musik di Feed Instagram itu cukup mudah, namun pastikan dulu telah memiliki versi aplikasi yang terbaru, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda
  • Di halaman “home”, klik ikon tambah dan pilih opsi “Post”
  • Kemudian, ambil foto atau pilih foto yang telah tersedia di galeri ponsel dan pilih opsi “Next”
  • Setelah itu, pada halaman “Postingan Baru”, klik opsi “Tambahkan Musik” atau “Add Music”
  • Pilih lagu atau audio yang hendak ditambahkan ke Feed
  • Sesuaikan bagian lagu yang bakal berputar dengan pengaturan durasi, bisa mulai dari 5 detik hingga 90 detik. Bila pengaturan telah sesuai, klik opsi “Done” atau “Selesai”
  • Lengkapi Feed dengan menambahkan caption atau lokasi sebelum diunggah
  • Terakhir, klik opsi “Bagikan”.

Ilustrasi cara menambahkan musik di Feed InstagramKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan musik di Feed Instagram

Musik yang telah tadi ditambahkan kini bisa berputar dan didengarkan saat Anda menengok unggahan Feed. Namun perlu diketahui, tidak sembarang format unggahan di Feed Instagram mendukung fitur Add Music.

Sebagai catatan, fitur musik saat ini hanya dapat disertakan pada unggahan dengan format satu foto di Feed Instagram. Fitur “Add Music” masih belum tersedia untuk Feed dengan format unggahan beberapa foto sekaligus (carousel) dan video.

Kemudian, tampaknya belum semua pengguna bisa merasakan fitur musik di Feed Instagram. Fitur ini bakal digulirkan ke pengguna aplikasi Instagram pada ponsel dengan sistem operasi iOS dan Android mulai pekan ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno.

Sementara itu, cara di atas dijajal menggunakan iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4.1 dan aplikasi Instagram dengan versi 230.0.

Baca juga: Cara Ganti Timeline Instagram Berdasar Waktu Posting-nya

Perbedaan wadah untuk mengakses, mungkin bisa menyebabkan perbedaan ketersediaan fitur “Add Music” dan letak opsinya. Itulah cara menambahkan musik di Feed Instagram, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.