Kompas.com - 20/04/2022, 07:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Fitur product tag yang biasa digunakan influencer di Instagram untuk menandai produk-produk yang diiklankan, kini bisa digunakan oleh pengguna biasa.

Sebelumnya fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh akun tertentu, seperti akun brand resmi atau akun milik influencer.

Instagram memperluas fitur product tag tersebut ke semua pengguna, selama akun tersebut bersifat publik atau tidak "private".

Dengan demikian, semua pengguna Instagram kini bisa menandai produk-produk yang dikenakan dalam foto yang diunggah. Untuk saat ini, fitur product tag ini masih terbatas untuk pengguna di Amerika Serikat (AS).

Menurut perusahaan, ekspansi fitur ini akan memudahkan pengguna menemukan produk dari pengguna lain yang mereka ikuti (follow). Selain itu, upaya ini juga akan membantu pelaku bisnis dalam memperluas jangkauan audiensnya di Instagram.

"Orang-orang membuka Instagram untuk berbagi dan mendapatkan tren serta inspirasi. Penandaan (tagging) produk akan memungkinkan siapa saja untuk mendukung brand favorit mereka, berbagi gaya serta produk yang mereka gunakan," kata Instagram dalam pernyataan resmi, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Cara Ganti Tema DM Instagram

Dalam keterangannya Instagram juga berkata bahwa rata-rata 1,6 juta orang menandai setidaknya satu merek/brand setiap minggu pada aplikasi Instagram.

Tak ayal jika perusahaan yang bernaung di Meta tersebut merampingkan pengalaman berbelanja dalam aplikasi.

Cara menambahkan tag produk di Instagram

Untuk menambahkan tanda atau tag di sebuah produk, pengguna harus melalui tahapan unggah foto maupun video seperti saat memposting konten di Instagram.

Sebelum menandai produk, pengguna terlebih dahulu harus menandai brand terkait.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.