Arti Kata “Red Flag” yang Kerap Digunakan di TikTok dan Twitter

Kompas.com - 20/04/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Di media sosial seperti TikTok dan Twitter, kerap bermunculan bahasa gaul yang mungkin jarang dijumpai penggunaannya di kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya adalah kata “Red Flag”.

Bagi Anda yang kerap bermain media sosial, mungkin sudah sering menjumpai kata Red Flag di TikTok dan Twitter. Kendati mungkin pernah menjumpainya, tahukah apa yang dimaksud dengan Red Flag?

Baca juga: Arti Kata “Mmf” yang Kerap Dipakai di Twitter

Secara harfiah, Red Flag merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti “bendera merah”. Namun, bila ditilik pada kebiasaan pengguna di TikTok dan Twitter, arti kata Red Flag bukanlah “bendera merah”.

Kata bahasa gaul tersebut umumnya dipakai oleh pengguna di TikTok atau Twitter, untuk menunjukkan kondisi relasi sosial antar pengguna, bisa dalam hubungan percintaan atau pertemanan.

Pengguna biasa mencantumkan kata Red Flag di media sosial dalam bentuk tertulis dan bisa juga memakai simbol atau emoji bendera merah. Salah satu contoh Red Flag bisa dilihat lewat unggahan oleh akun dengan handle @obnelson1 di Twitter.

Pada unggahan yang telah mendapatkan sekitar 140.000 Like tersebut, dalam bahasa Indonesia, akun itu mengatakan, “Ini adalah bendera merah (Red Flag) jika pasangan Anda menjadi sangat jahat kepada Anda ketika sedang bertikai,” tulisnya.

Baca juga: Arti Kata Menfess yang Sering Dipakai di Twitter

Jika di unggahan Twitter tersebut kata Red Flag termuat dalam bentuk tertulis, berbeda lagi dengan unggahan video TikTok yang mencantumkan Red Flag dalam bentuk simbol bendera merah.

Contoh Red Flag tersebut bisa dilihat pada unggahan video oleh akun dengan handle @nofrenal di TikTok, sebagaimana tercantum di bawah ini.

@nofrenal

rasa insecure 99%

? suono originale - ?O?O?Y I? ?I?TE?I? TO ?E

Pada unggahan video TikTok yang telah ditonton lebih dari 400.000 kali itu, termuat simbol bendera merah, kemudian menampilkan isi obrolan yang sepertinya merujuk pada karakter atau kepribadian yang dimiliki oleh akun tersebut.

Dari dua contoh pemakaian Red Flag tersebut, masing-masing tidak berisi penjelasan lebih lanjut mengenai arti kata tersebut. Namun dari dua contoh tersebut, kata Red Flag bisa dipahami memiliki konotasi yang negatif, selain berarti bendera merah.

Jika ditelusuri lebih lanjut, arti kata Red Flag secara umum adalah tanda peringatan bahaya. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam-Webster, Red Flag juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang menunjukkan peringatan pada sebuah masalah atau bahaya.

Baca juga: Arti Warna Jalan Biru, Hijau, Abu-abu, Kuning, dan Merah di Google Maps

Makna yang terkandung di kata Red Flag tersebut, tampaknya lebih sering dipakai oleh pengguna Twitter dan TikTok untuk menunjukkan situasi dalam relasi sosial yang berbahaya, baik di hubungan percintaan atau pertemanan.

Itulah arti kata Red Flag di Twitter dan TikTok yang mungkin kerap dijumpai, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.