Pemerintah Shanghai Gunakan Drone dan Robot Anjing untuk Imbau Warga Patuhi "Lockdown"

Kompas.com - 21/04/2022, 07:03 WIB
ilustrasi Drone bbc.comilustrasi Drone

KOMPAS.com - Buntut kasus Covid-19 yang terus meningkat, China memutuskan untuk menutup alias lockdown kota Shanghai mulai Senin (28/3/2022). Lockdown Shanghai ini berujung pada krisis makanan serta membuat harga kebutuhan pokok naik drastis.

Warga kota Shanghai yang terkunci di rumahnya pun melakukan protes kepada pemerintah setempat akibat kurangnya pasokan makanan dan air. Mereka dilaporkan protes dengan cara keluar ke balkon apartemen dan bernyanyi "mengapa kalian (pemerintah) membuat kami kelaparan?".

Melihat aksi protes warga tersebut, pemerintah Shanghai tak tinggal diam. Pemerintah setempat dilaporkan mengerahkan drone atau pesawat tanpa awak untuk mengimbau warga untuk tidak bernyanyi di balkon dan tetap mematuhi aturan lockdown.

Baca juga: Drone Rusia Dibongkar, Isinya Kamera DSLR Entry Level dan Aksesori Seadanya

Hal tersebut terungkap dari video yang ramai dan viral di Twitter dan situs mkcroblogging China, Weibo.

Drone sendiri adalah sebuah teknologi berupa pesawat tanpa awak. Sebuah drone biasanya dilengkapi oleh kamera dan bisa dikendarai menggunakan remote control dan ponsel pintar.

Dalam video, pesawat tanpa awak tersebut terlihat terbang di atas gedung apartemen di sejumlah distrik di kota Shanghai, Jiuting, misalnya. Drone yang terbang di sekitaran wilayah Jiuting menyiarkan pesan dengan suara robot. Pesannya berbunyi:

Warga Jiuting. Selama pandemi, kami meminta Anda untuk mematuhi pembatasan COVID-19 dan pedoman terkait. Kendalikan "keinginan jiwa Anda untuk kebebasan".

Tolong patuhi pembatasan Covid. "Kendalikan keinginan jiwa Anda akan kebebasan". Jangan membuka jendela atau bernyanyi.

Kalimat "keinginan jiwa Anda untuk kebebasan" ini diterjemahkan oleh outlet The Insider dari bahasa Mandarin yang kurang lebih diartikan agar warga setempat menahan diri untuk melakukan aktivitas dengan bebas seperti sebelum lockdown dilakukan.

Baca juga: Pria 71 Tahun Selamat dari Serangan Jantung Berkat Drone

Anjing robot juga dikerahkan

Drone lain juga terlihat terbang di distrik Shanghai. Dalam video lainnya, pemerintah menggunakan drone untuk mengingatkan mahasiswa yang terkunci di asramanya untuk selalu mengenakan masker selama lockdown.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.