Kenapa iPhone Cepat Panas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 21/04/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Suhu ponsel naik menjadi lebih panas saat dipegang tampaknya menjadi permasalahan yang umum dijumpai, tak terkecuali bagi pengguna iPhone.

Kendati ponsel pabrikan Apple itu terkenal dikembangkan dengan komponen dan material yang premium, tak jarang dijumpai permasalahan iPhone cepat panas. Persoalan iPhone cepat panas ini dapat merembet ke masalah lainnya.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Misalnya, saat suhu iPhone naik secara drastis, menjalankan aplikasi bisa jadi terasa lebih berat. Suhu iPhone panas juga bisa menyebabkan gerakan layar sentuh jadi lebih lambat atau kurang responsif.

Suhu iPhone panas bisa dirasakan dengan jelas saat Anda memegang bodi bagian punggung dan bezel. Saat suhu panas mulai terasa di bagian tersebut, biasanya gangguan lain seperti yang tertera di atas bakal muncul mengikuti.

Apple sendiri merancang iPhone dapat beroperasi dengan lancar pada suhu antara 0 derajat Celcius hingga 35 derajat Celcius. Saat temperatur perangkat melebihi batas tersebut, sistem iPhone perlu melakukan pengaturan suhu agar normal kembali.

Sistem biasanya akan memberikan peringatan suhu iPhone panas di layar dengan pesan berupa “iPhone perlu didinginkan sebelum Anda dapat menggunakannya”. Kemudian, iPhone tidak dapat digunakan untuk sementara waktu hingga suhunya normal kembali.

Ilustrasi peringatan suhu iPhone panasApple.com Ilustrasi peringatan suhu iPhone panas

Mungkin bakal cukup merepotkan bila menjumpai persoalan iPhone cepat panas, sebab akhirnya ponsel tak dapat dioperasikan dengan baik. Lantas, kenapa iPhone cepat panas?

Ada beberapa hal yang jadi penyebab iPhone cepat panas, di antaranya seperti bermain game dan menonton video dengan resolusi yang tinggi. Untuk lebih lengkapnya, berikut penyebab iPhone cepat panas, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Penyebab iPhone cepat panas

  • Menggunakan iPhone secara intens dibarengi dengan aktivitas cas atau pengisian daya
  • Mengisi daya iPhone secara nirkabel atau wireless charging.
  • Menonton atau streaming video dengan resolusi berkualitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.
  • iPhone terpapar cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama.
  • Menggunakan dan mengaktifkan fitur Lokasi atau GPS dalam waktu yang cukup lama
  • iPhone sedang melakukan pemulihan data.
  • Penyebab iPhone cepat panas juga bisa timbul saat iPhone sedang memuat ulang perangkat untuk pertama kali.
  • Kemudian, iPhone cepat panas juga bisa disebabkan karena pengoperasian aplikasi atau game dengan pengaturan grafis yang tinggi.

Itulah beberapa penyebab iPhone cepat panas, yang secara umum terjadi karena terdapat peningkatan kinerja dan penggunaan perangkat yang intensif, selain terpapar langsung cahaya matahari.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika iPhone panas? Untuk mengatasinya, Apple menyarankan agar pengguna menghindarkan iPhone hal-hal yang bisa meningkatkan suhu perangkat, berikut penjelasannya.

Cara mengatasi iPhone cepat panas

  • Pastikan iPhone tidak terpapar langsung sinar matahari terlalu lama atau berada di lokasi yang dapat meningkatkan suhu perangkat, seperti di dalam mobil saat kondisi pendinginnya mati dan cuaca sekitar yang panas.
  • Hindari menjalankan aplikasi, game, atau fitur GPS saat iPhone berada dalam lokasi dengan cuaca yang panas.
  • Hindari melakukan pengisian daya saat iPhone sedang digunakan secara intens
  • Lepaskan cas ketika suhu iPhone panas.
  • Saat suhu iPhone panas dan muncul peringatan seperti yang tercantum di atas, matikan perangkat dan diamkan sejenak di lokasi dengan suhu yang dingin.
  • Pastikan selalu melakukan pembaruan perangkat lunak untuk memperbaiki gangguan atau bug tertentu, yang mungkin bisa membuat kinerja iPhone jadi tersendat, sehingga suhunya bisa naik secara drastis.

Baca juga: Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun dan Perlukah Khawatir?

Suhu iPhone yang panas mungkin bakal mengganggu kinerja pengguna. Oleh sebab itu, perlu kiranya untuk menjaga suhu iPhone tetap normal. Demikian informasi seputar penyebab dan cara mengatasi iPhone cepat panas, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.