Kompas.com - 21/04/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Fitur pemberitahuan atau notifikasi WhatsApp cukup berguna bagi pengguna, untuk memberikan peringatan saat terdapat pesan atau panggilan yang baru masuk di ponsel.

Di sisi lain, tak jarang beberapa pengguna menemukan permasalahan terkait pengoperasian fitur tersebut, misalnya seperti notifikasi WhatsApp tidak muncul. Idealnya, notifikasi Whatsapp bakal muncul di layar ponsel saat terdeteksi ada pesan baru yang masuk.

Baca juga: Cara Mengirim WhatsApp Tanpa Kuota Internet atau Saat HP Mati

Namun pada kondisi tertentu, pengguna bisa tidak dapat melihat atau menerima notifikasi tersebut di layar ponsel. Alhasil, pesan atau panggilan baru yang masuk tidak dapat dilihat juga, sebelum pengguna membuka aplikasi WhatsApp.

Fitur notifikasi WhatsApp sebenarnya hadir untuk memudahkan pengguna saat ingin mengetahui terdapat pesan atau panggilan yang baru masuk.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melihat pesan atau panggilan yang baru masuk langsung di Home Screen atau Lock Screen, tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Saat persoalan notifikasi WhatsApp tidak muncul terjadi, mungkin bakal jadi merepotkan pengguna. Lantas, kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul? Simak, penjelasan berikut ini.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa timbul karena perangkat tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang mengandalkan internet dalam pengoperasiannya.

Saat koneksi internet terjadi gangguan, berkirim pesan atau melakukan panggilan di WhatsApp jadi juga ikut terganggu, sehingga notifikasi bisa terlambat muncul di layar ponsel atau bahkan tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa ditimbulkan pula karena terjadi gangguan pada sistem perangkat lunaknya. Versi perangkat lunak WhatsApp yang terlalu usang mungkin membawa gangguan yang menghambat pengoperasian fiturnya.

Kemudian, notifikasi WhatsApp yang tidak muncul bisa juga disebabkan karena terjadi kesalahan dalam mengonfigurasi pengaturan pemberitahuan perangkat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.