Kompas.com - 22/04/2022, 09:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp disinyalir tengah mengembangkan fitur baru yang ditujukan untuk grup WhatsApp. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah polling atau jajak pendapat.

Serupa dengan fitur polling di aplikasi lainnya, dengan fitur tersebut, pengguna WhatsApp yang tergabung dalam sebuah grup akan dapat membuat daftar pilihan. Anggota grup bisa memilih opsi yang tersedia sesuai pilihannya.

Fitur polling di grup ini sebenarnya sudah terendus sejak beberapa waktu lalu. Kini, situs pembocor fitur-fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, membagikan gambar terbaru dari fitur tersebut.

Fitur polling ini sebenarnya sudah terendus sejak beberapa waktu lalu. Kini, WABetaInfo membagikan penampakan dari fitur tersebut. WABetaInfo Fitur polling ini sebenarnya sudah terendus sejak beberapa waktu lalu. Kini, WABetaInfo membagikan penampakan dari fitur tersebut.
Menurut gambar yang dibagikan WAbetainfo, pembuatan pollingnya juga tampak mudah karena WhatsApp menyediakan kolom pertanyaan untuk memulai jajak pendapat. Begitu pula dengan beberapa kolom opsi yang tersedia hingga lima kolom.

Pengguna hanya perlu mengisi pertanyaan pada kolom yang tersedia dan menentukan opsi jawaban atau pendapat yang dapat dipilih oleh anggota.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Ketika polling dilakukan di grup WhatsApp, pengguna harus memilih salah satu dari daftar opsi yang tersedia.

Setelah menentukan pilihan, mereka harus menekan tombol "vote". Dengan demikian, hasil polling akan terlihat oleh anggota grup. Kendati begitu, anggota grup tidak akan mengetahui pilihan masing-masing anggota.

Dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Jumat (22/4/2022), fitur polling WhatsApp ini konon juga akan dienkripsi end-to-end, sehingga tidak akan ada yang menengetahui detailnya termasuk perusahaan pemilik aplikasi WhatsApp.

Masih dalam tahap pengembangan

Fitur polling WhatsApp masih dikembangkan oleh perusahaan. Dengan begitu, belum diketahui bagaimana fitur ini berjalan dalam aplikasi dan dimana fitur tersebut bisa dijangkau pengguna.

Menurut WAbetainfo, WhatsApp sedang menguji fitur itu pada aplikasinya versi iOS. Lebih rinci, fitur polling diuji coba pada aplikasi versi 22.9.0.70 (beta), sebagai versi WhatsApp terbaru saat ini.

Baca juga: Cara Mengirim WhatsApp Tanpa Kuota Internet atau Saat HP Mati

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.