Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Civi 1S Resmi Meluncur, Bawa Fitur "Canggih" Milik Xiaomi 12 Pro

Kompas.com - 22/04/2022, 18:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada September 2021, Xiaomi resmi meluncurkan satu lini ponsel baru di China, yaitu Xiaomi Civi. Adapun ponsel pertama yang lahir dari lini baru ini, juga dinamai dengan nama yang sama, yaitu Xiaomi Civi.

Berselang tujuh bulan atau tepatnya pada April 2022, alih-alih penerus, Xiaomi memilih meluncurkan smartphone versi upgrade dari Xiaomi Civi. Ponsel tersebut bernama Xiaomi Civi 1S.

Meski merupakan versi upgrade, peningkatan yang dibawa Xiaomi Civi 1S terbilang minim, yakni terletak di aspek fitur autofokus pada kamera depan dan software.

Ponsel ini masih dibekali kamera selfie beresolusi 32 MP, sama seperti Xiaomi Civi. Namun, kini, kamera depan Civi 1S itu mendapatkan "warisan" fitur autufokus canggih dari ponsel flagship Xiaomi 12 Pro.

Baca juga: Xiaomi Pamer Tampang Ponsel Tipis Civi

Fitur tersebut adalah sistem pelacakan mata manusia CyberFocus yang dikembangkan Xiaomi.

Fitur ini dibekali dengan algoritma autofokus yang canggih sehingga dapat secara akurat mengindentifikasi objek foto, entah itu manusia, hewan, atau binatang. Sehingga hasil foto menjadi lebih fokus dan tidak blur.

Fitur autofokus CyberFocus ini sendiri absen di ponsel Xiaomi Civi keluaran tahun 2021.

Lalu, di sisi software, kini, Xiaomi Civi 1S sudah menjalankan Android 12 dan dilapisisi antarmuka paling baru bikinan Xiaomi, MIUI 13.

Selebihnya, tampang dan spesifikasi Xiaomi Civi 1S sama dengan ponsel Xiaomi Civi 2021.

Baca juga: Ponsel Tipis Xiaomi Civi Resmi Meluncur

Spesifikasi Xiaomi Civi 1S di China

Dari segi tampang, smartphone Civi 1S masih mengunggulkan desain bodi yang tipis, yaitu setebal 6,98mm. Sementara bobotnya 166 gram.

Punggung Xiaomi Civi 1S yang memiliki warna biru, pink, silver, dan hitam juga masih mengusung aksen glitter dan akhiran matte.

Untuk spesifikasi layarnya, Civi 1S menggunakan panel AMOLED berukuran 6,55 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan Dolby Vision.

Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 950 nits dan sudah dilindungi kaca Corning Gorilla Glass 5.

Untuk sektor fotografinya, Xiaomi Civi 1S dibekali tiga kamera belakang dengan konfigurasi yang sama seperti ponsel Civi 2021.

Keempat kamera itu terdiri dari kamera utamanya beresolusi 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) yang memiliki bidang pandang 120 derajat dan kamera makro 2 MP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com