9 Tips Menghemat Baterai HP saat Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - Diperbarui 01/05/2022, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Tak terasa Lebaran 2022 bakal segera tiba. Mudik atau pulang kampung biasanya menjadi agenda tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia di waktu mendekati Lebaran.

Perjalanan mudik Lebaran umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika masyarakat menggunakan moda transportasi darat. Di tengah waktu perjalanan mudik yang cukup lama, bermain handphone (HP) bisa jadi pilihan untuk mengusir kebosanan.

Baca juga: 3 Aplikasi buat Lihat Kemacetan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2022

Namun, bila HP digunakan terus menerus selama perjalanan mudik, daya pada baterainya mungkin bakal cepat habis sebelum sampai ke lokasi tujuan. Kehabisan baterai HP bisa jadi hal yang cukup menjengkelkan.

Bila baterai HP habis, Anda mungkin bakal kesulitan untuk melakukan beberapa hal penting guna mendukung kelancaran perjalanan mudik Lebaran, misal untuk menghubungi saudara, mencari rute perjalanan, mencari informasi terkini kondisi lalu lintas, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara agar baterai hemat? Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022, berikut KompasTekno rangkumkan tips menghemat baterai HP.

1. Mengurangi menjalankan aplikasi berat

Cara menghemat baterai HP yang pertama adalah mengurangi menjalankan aplikasi berat, seperti game online 3D, pemutaran video, dan sebagainya.

Anda dapat memeriksa aplikasi yang paling boros mengonsumsi baterai dan mulai menghentikan atau mengurangi pengoperasiannya. Cara memeriksa aplikasi tersebut berbeda-beda di tiap HP.

Di HP berbasis Android, misalnya, pengguna bisa mengunjungi opsi "Settings" dan pergi ke menu "Baterry & performance" dan pilih "Power usage". Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

2. Menurunkan tingkat kecerahan layar

HP dengan pengaturan tingkat kecerahan layar yang tinggi, biasanya bakal membuat daya jadi cepat terkuras. Dengan demikian, menghemat baterai HP bisa dilakukan dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang ideal.

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar HP secara manual, supaya bisa mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama. Bila mengaktifkan fitur kecerahan otomatis, terdapat sensor tambahan yang bakal bekerja dan bisa mengonsumsi daya secara perlahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.