Cara Top Up Flazz BCA buat Persiapan Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 24/04/2022, 12:15 WIB
Ilustrasi cara top up Flazz BCA KOMPAS.com/ZulfikarIlustrasi cara top up Flazz BCA

KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 bakal berlangsung dalam waktu dekat ini. Masyarakat yang nanti melangsungkan perjalanan pulang kampung, terutama mereka yang melintasi jalan tol, hendaknya memastikan ketersedian saldo di kartu e-toll.

Bila saldo e-toll tak memenuhi, Anda tak dapat masuk dan melintasi jalan tol. E-toll sendiri merupakan kartu alat pembayaran biaya masuk jalan tol. Untuk saat ini, terdapat beberapa platform yang menyediakan layanan e-toll, termasuk dari bank BCA.

Baca juga: 3 Cara Mengisi e-HAC sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022

E-toll BCA atau secara resmi disebut dengan kartu Flazz BCA bisa didapat dan dibeli lewat minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. Penggunaan Flazz BCA untuk pembayaran cukup ditempelkan ke mesin pemindai, tanpa memasukkan pin layaknya kartu ATM.

Sebelum bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, termasuk membayar biaya masuk tol, Anda harus memiliki saldo di kartu e-toll BCA. Top up atau mengisi saldo Flazz BCA dapat dilakukan melalui berbagai cara.

Anda bisa top up Flazz BCA dengan melakukan pembayaran secara tunai melalui kasir minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. Selain itu, Anda juga bisa top up Flazz BCA secara nontunai dengan layanan di aplikasi BCA Mobile atau M-Banking BCA.

Sebelum menikmati layanan untuk isi saldo e-toll BCA di BCA Mobile, Anda perlu memiliki aplikasinya dulu di ponsel. Aplikasi M-Banking BCA bisa diunduh secara gratis di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Setelah memiliki aplikasi tersebut, Anda juga harus melakukan aktivasi akun terlebih dahulu. Aktivasi akun aplikasi M-Banking BCA bisa dilakukan dengan layanan yang disediakan pada kantor cabang BCA terdekat.

Bila telah memiliki aplikasi BCA Mobile di HP dan melakukan aktivasi akun, berikut merupakan cara isi saldo e-toll BCA via BCA Mobile.

Cara top up Flazz BCA via BCA Mobile

  • Buka aplikasi BCA Mobile, pilih menu “m-BCA”
  • Masukkan kode akses
  • Pilih menu “Flazz” yang terdapat di halaman awal aplikasi
  • Tempelkan Kartu Flazz di area NFC ponsel
  • Pilih opsi “Top Up Flazz”
  • Kemudian, pilih atau masukkan nominal top up yang diinginkan
  • Konfirmasi nominal top up, lalu pilih “OK”
  • Masukkan pin BCA Mobile Anda
  • Tempelkan kembali Kartu Flazz di area NFC ponsel hingga proses top up selesai
  • Apabila transaksi berhasil, saldo Flazz BCA akan bertambah dan muncul pesan “Top Up telah berhasil”

Cara isi saldo e-toll BCA di atas hanya dimungkinkan pada HP yang telah mendukung fitur NFC. Perlu diketahui, NFC adalah fitur pemindai chip yang bertumpu pada gelombang radio.

Tidak semua HP mendukung NFC, namun kebanyakan smartphone yang beredar saat ini telah dibekali fitur tersebut. Jadi, sebelum melakukan cara isi saldo e-toll BCA di atas, pastikan HP Anda telah mendukung fitur NFC.

Sementara itu, terdapat beberapa syarat dalam melakukan top up Flazz BCA yang perlu dipahami pula, berikut penjelasannya.

Baca juga: 3 Aplikasi buat Lihat Kemacetan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2022

Syarat top up Flazz BCA

  • Minimal top up Flazz BCA adalah sebesar Rp 20.000.
  • Maksimal top up Flazz BCA per bulan adalah Rp 20.000.000
  • Saldo maksimal yang bisa tersimpan di Flazz BCA adalah Rp 2 juta
  • Saldo minimal pada kartu Flazz adalah Rp 0
  • Jumlah saldo minimal untuk transaksi ditentukan oleh kebijakan masing-masing rekanan
  • Limit transaksi top up Flazz di BCA Mobile sebesar Rp 2.000.000 per hari, yang merupakan limit gabungan seluruh BCA mobile yang terhubung ke kartu paspor yang sama dan berlaku untuk semua jenis kartu paspor BCA.

Itulah informasi seputar cara top up Flazz BCA untuk persiapan mudik Lebaran 2022, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.