Kompas.com - 25/04/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - RRQ Hoshi keluar sebagai juara pertama di kompetisi Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia Season 9 (MPL ID S9).

Kemenangan ini diraih setelah RRQ Hoshi sukses menaklukkan Onic Esports di babak Grand Final dengan skor 4-1.

Ini merupakan keempat kalinya RRQ Hoshi keluar menjadi juara di sepanjang penyelenggaraan turnamen MPL ID. Sebelumnya, RRQ Hoshi pernah menyabet posisi pertama di MPL ID Season 2, Season 5, dan Season 6.

Tim yang dijuluki "Sang Raja" ini merupakan salah satu tim e-sports yang cukup populer di Tanah Air. Sejak didirikan pada Agustus 2017, RRQ Hoshi telah menuai banyak prestasi di sejumlah turnamen nasional maupun global.

Lantas, siapakah RRQ Hoshi? Bagaimana sepak terjangnya di MPL ID? Berikut profil RRQ Hoshi yang kini menyabet gelar juara MPL Season 9.

Baca juga: RRQ Hoshi Juara MPL ID Season 9, Boyong Rp 2 Miliar

Profil RRQ Hoshi

RRQ Hoshi merupakan divisi perwakilan tim e-sports Rex Regum Qeon (RRQ) yang memiliki spesialisasi di game berbasis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Mobile Legends.

Sepanjang berkarir di dunia e-sports, RRQ Hoshi telah melewati beragam pengalaman yang cukup unik. Sebelum terbentuk menjadi RRQ Hoshi, tim ini sedianya memiliki nama awal RRQ O2.

Nama RRQ O2 kemudian sempat berganti menjadi PSG-RRQ di tahun 2019. Pergantian nama ini dilakukan atas dasar kerja sama tim RRQ dengan Paris Saint-Germain, sebagaimana KompasTekno himpun dari situs resmi RRQ.

Namun nama tersebut tidak lama digunakan. Setelah diakuisisi oleh tim RRQ, PSG-RRQ resmi berganti nama menjadi RRQ Hoshi yang hingga saat ini dikenal oleh penggemar dan penggiat olahraga e-sports di Indonesia.

Bergantinya nama tim juga memengaruhi susunan anggota. Mulanya, RRQ O2 beranggotakan Marsha, Instinct, Tuturu, Lemon, dan Banshee.

RRQ Hoshi sempat mengikuti beberapa turnamen. Salah satunya di MPL ID S1, hingga akhirnya satu per satu anggotanya berpisah. Diawali dengan Banshee yang memutuskan untuk fokus melanjutkan jenjang pendidikannya di bangku kuliah.

Setelah gagal merebut gelar juara di MPL ID S1, RRQ Hoshi kembali kehilangan anggotanya, yakni Marsha yang berpaling ke tim Evos Esports. Kedua bangku kosong tersebut kemudian diisi oleh Liam, Tri "AyamJago", serta Jamesss.

Baca juga: Jadwal MPL ID Season 9 Babak Playoff Hari Terakhir, Mulai Pukul 11.30 WIB

Sepak terjang RRQ Hoshi di MPL ID

Anggota tim RRQ Hoshi.Team RRQ Anggota tim RRQ Hoshi.

Hingga saat ini, RRQ Hoshi telah mencetak sejarah panjang di MPL ID. RRQ Hoshi mulai berpartisipasi di MPL ID S1 yang digelar pada tahun 2018 lalu.

Kala itu, RRQ Hoshi hanya sempat menduduki peringkat ketiga dengan komposisi tim yang beranggotakan Tuturu, Instinct, Marsha, xBarierJr, Lemon, dan Banshee. Namun, hal tersebut tidak serta merta membuat tim ini putus asa.

RRQ Hoshi kembali berkompetisi di MPL ID S2. Tim ini sukses keluar jadi juara pertama setelah mengalahkan Evos Legends di babak Grand Final. Inilah kali pertama RRQ Hoshi menjadi juara MPL ID.

Di MPL ID Season 3, RRQ Hoshi gagal mempertahankan gelar juaranya. Kala itu, RRQ Hoshi harus pulang di babak playoff di turnamen MPL ID S3.

Semangat RRQ Hoshi kembali berkibar di musim keempat MPL ID dan mengantarkan tim ini meraih gelar runner up. Capaian ini sekaligus membuat tim tersebut melaju ke kompetisi global Mobile Legends World Championship (M1).

Jatuh bangun selama turnamen MPL ID, membuat RRQ Hoshi jadi tim yang cukup tangguh. Di MPL ID Season 5 dan 6, RRQ Hoshi berhasil menyabet gelar juara selama dua musim berturut-turut.

Sayangnya pada MPL ID musim ketuujuh, RRQ Hoshi harus pulang lebih cepat lantaran kalah dengan Genflix Aerowolf di babak Playoff.

Di MPL ID Season 8, RRQ Hoshi menyabet gelar runner up setelah kalah dari Onic Esports di babak Grand Final. Akhirnya, RRQ Hoshi membalaskan dendamnya di MPL ID Season 9 dan keluar sebagia juara pertama.

Baca juga: Hasil MPL ID S9: Evos Legends Tereliminasi, Aura Fire Tantang Onic Esports

Profil anggota RRQ Hoshi

Ilustrasi anggota RRQ Hoshi yang terdiri dari R7, Xinnn, Vyn, Lemon, dan LJ.Team RRQ Ilustrasi anggota RRQ Hoshi yang terdiri dari R7, Xinnn, Vyn, Lemon, dan LJ.

Selengkapnya, berikut merupakan daftar nickname beserta nama asli dari masing-masing anggota tim RRQ Hoshi:

  • Acil - Adi Syofian Asyauri, 29 tahun (Coach)

  • Fiel - Petra Giovanni, 29 tahun (Coach)

  • R7 - Rivaldi Fatah, 24 tahun (Kapten)

  • Lemon - M. Ikhsan, 23 tahun

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.