Kompas.com - 25/04/2022, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Tren HP 5G sudah ramai dijumpai di pasar Indonesia sejak tahun 2021 lalu. Seperti namanya, HP 5G jaringan turut dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat mendukung jaringan internet 5G di Indonesia.

Layanan 5G di Tanah Air saat ini sedang didominasi oleh tiga operator seluler besar, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata.

Meski sama-sama menyediakan akses ke layanan jaringan 5G, masing-masing operator seluler menggelar layanan 5G di spektrum atau pita frekuensi yang berbeda.

Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz (band n-40) dan 1,8 GHz (band n-3) untuk jaringan generasi kelima tersebut.

Baca juga: Daftar 8 iPhone 5G Terbaru April 2022, Harga Mulai Rp 10 Jutaan

XL Axiata memiliki spektrum 2,1 GHz (band n-1) dan 1,8 GHz (band n-3), sedangkan Indosat Ooredoo Hutchison memanfaatkan spektrum 1,8 GHz (band n-3).

Sejumlah vendor smartphone di Indonesia telah merilis ponsel mid-range 5G dengan rentang harga mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 8 juta.

HP 5G harga Rp 5-8 jutaan yang dipasarkan di Indonesia menawarkan beragam jenis spesifikasi dan keunggulan yang berbeda pada setiap modelnya.

Apabila tertarik, ada baiknya jika Anda mengetahui dengan baik apakah wilayah yang sedang ditinggali sudah terjangkau jaringan 5G dari ketiga operator seluler tersebut.

Informasi mengenai daftar wilayah di Indonesia yang sudah terjangkau jaringan 5G dapat dilihat melalui situs resmi Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata.

Baca juga: 15 Daftar HP 5G dengan Harga Rp 2 Juta-Rp 5 Jutaan, Smartphone Baru Jelang Lebaran 2022

Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan daftar HP 5G dari berbagai merk dan tipe dengan harga Rp 5-8 jutaan yang KompasTekno telah rangkum daro laman resmi maupun marketplace rekanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.