Cara Cek Saldo E-toll BCA di HP Sebelum Berangkat Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 25/04/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2022, terutama mereka yang bakal melakukan perjalanan darat via jalan tol, sebaiknya senantiasa memeriksa saldo e-toll yang tengah tersisa.

E-toll sendiri merupakan kartu elektronik yang berfungsi sebagai alat pembayaran saat memasuki pintu jalan tol. Ada berbagai macam platform penyedia e-toll, salah satunya adalah bank BCA.

Baca juga: 3 Cara Mengisi e-HAC sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022

E-toll BCA atau biasa juga disebut dengan kartu Flazz BCA bisa didapatkan dengan mudah melalui pembelian langsung di minimarket, seperti Indomaret atau Alfamart. Kartu Flazz BCA berbeda dengan kartu ATM seperti pada umumnya.

Anda tak perlu membuat nomor sandi pribadi atau pin agar bisa mengakses layanan dari Flazz BCA. Anda cukup menempelkan kartu Flazz BCA ke mesin pemindai saat ingin melakukan transaksi, termasuk membayar biaya masuk tol,

Pembayaran dapat dilakukan apabila saldo Flazz BCA tercukupi. Jadi bagi Anda pemegang e-toll BCA, sebelum melakukan mudik lebaran nanti, sebaiknya sudah memastikan bila saldo di dalamnya cukup digunakan untuk membayar biaya saat jalan tol.

Adapun cara cek saldo e-toll BCA bisa dilakukan secara mudah hanya lewat layar handphone (HP). Anda bisa memeriksa saldo e-toll BCA terkini dengan memanfaatkan layanan yang tersedia di aplikasi BCA Mobile atau M-Banking BCA.

Agar bisa menikmati layanan untuk memeriksa saldo e-toll BCA di BCA Mobile, Anda perlu memiliki aplikasinya dulu di ponsel. Aplikasi M-Banking BCA bisa diunduh secara gratis di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Setelah memiliki aplikasi tersebut, Anda juga harus melakukan aktivasi akun terlebih dahulu. Aktivasi akun aplikasi M-Banking BCA bisa dilakukan dengan layanan yang disediakan pada kantor cabang BCA terdekat.

Bila telah memiliki aplikasi BCA Mobile di HP dan melakukan aktivasi akun, berikut merupakan cara cek saldo e-toll BCA di HP.

Cara cek saldo Flazz BCA via aplikasi BCA Mobile

  • Buka aplikasi M-Banking di HP Anda dengan akun yang telah diaktivasi
  • Masukkan kode akses
  • Pilih menu “Flazz” yang berada di halaman awal aplikasi
  • Selanjutnya, tempelkan kartu pada bagian punggun HP yang telah mendukung fitur NFC
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil memindai kartu Flazz BCA dan memunculkan saldo di dalamnya

Cara di atas hanya dimungkinkan pada HP yang telah mendukung fitur NFC. Sebagai catatan, NFC adalah fitur pemindai chip yang bertumpu pada gelombang radio.

Tidak semua HP mendukung NFC, namun pada smartphone saat ini umumnya telah dibekali fitur tersebut. Jadi, sebelum melakukan cara cek saldo Flazz BCA di atas, pastikan HP telah mendukung fitur NFC.

Bila HP Anda tidak memiliki fitur NFC, cara cek saldo Flazz BCA bisa dilakukan di mesin ATM. Untuk lebih lengkapnya, simak cara cek saldo e-toll BCA tanpa NFC, sebagai berikut.

Baca juga: 3 Aplikasi buat Lihat Kemacetan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2022

Cara cek saldo e-toll BCA tanpa NFC

  • Kunjungi mesin ATM BCA terdekat
  • Masukkan kartu Flazz BCA pada slot yang tersedia
  • Tunggu beberapa saat, mesin otomatis bakal menampilkan saldo yang tersisa di dalam kartu Flazz BCA
  • Setelah selesai memeriksa saldo, tekan opsi “Selesai” dan cabut kartu dari slot mesin ATM.

Itulah cara cek saldo e-toll BCA atau kartu Flazz BCA sebelum berangkat mudik Lebaran 2022, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.