Kompas.com - 25/04/2022, 17:10 WIB

KOMPAS.com - Siaran TV analog akan segera digantikan dengan siaran TV Digital. Penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) yang digalakkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan dimulai pada 30 April 2022 untuk tahap I.

Nah, agar tetap bisa menikmati tayangan televisi, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni menggunakan dekoder set top box (STB) atau beralih ke TV digital sepenuhnya.

Baca juga: Apakah TV Digital Pakai Internet?

STB merupakan sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Pemerintah akan membagikan STB gratis untuk masyarakat yang masuk kategori rumah tangga miskin menurut Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS). Sementara warga yang tidak terdaftar DTKS, diimbau untuk segera membeli STB secara swadaya.

Baca juga: Siaran TV Analog Siap Dihentikan, Kominfo Imbau Masyarakat Segera Beli STB untuk TV Digital

Sebelum membeli STB, ada baiknya untuk memastikan lebih dulu apakah TV Anda memang membutuhkan STB atau tidak. Sebab, apabila TV Anda sudah digital, tentu STB tidak lagi dibutuhkan.

Lalu, bagaimana ciri-ciri TV Digital? Apa bedanya dengan TV Analog? Berikut empat ciri-ciri TV digital yang dirangkum KompasTekno:

1. Tak lagi berbentuk "tabung"

Salah satu cara mudah untuk melihat beda TV analog dan digital adalah dilihat dari bentuknya. TV digital tidak lagi berukuran besar dan berat layaknya TV tabung.

Sebagian besar TV digital justru mengusung desain bodi yang ramping dan tipis. Layar TV digital juga sudah menggunakan teknologi layar Liquid-Crystal Display (LCD) atau Light-Emitting Diode (LED).

2. Layar tipis belum tentu TV digital

Walaupun sudah memiliki layar yang tipis dan bodi yang ramping, sebuah TV belum tentu bisa dikategorikan sebagai TV digital.

TV digital dibekali dengan fitur yang mendukung pencarian siaran digital (DTV). Artinya, pengguna dapat mencari dan menyaksikan siaran TV secara langsung. Fitur ini tidak dimiliki oleh TV LED dan LCD biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.