Kompas.com - 26/04/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Google rajin menamai tiap versi dari sistem operasi (OS) ponsel mereka, yaitu Android dengan nama-nama kue, atau camilan sesuai abjad atau awalan huruf dari camilan itu sendiri.

Tradisi ini dimulai sejak Android 1.5 yang kala itu memiliki kode nama (codename) "Cupcake", dilanjutkan dengan "Donut" untuk versi 1.6, "Eclair" untuk versi 2.0, hingga Android 9 yang dinamai "Pie".

Google sendiri menyetop penamaan versi Android dengan nama camilan sejak Android 10 untuk konsumen, namun di internal mereka tetap menggunakan kode nama ini, seperti "Quince Tart" (Android 10), "Snow Cone" (Android 12), hingga "Tiramisu" (Android 13).

Baca juga: Ponsel Android 13 Tak Perlu SIM Card Fisik?

Kini, bocoran kode nama Android 14 pun mulai muncul di dunia maya, terlepas dari fakta bahwa Android 13 saat ini masih dalam tahap uji coba, dan belum meluncur ke pengguna secara umum.

Hal ini mencuat berkat penemuan kode nama "Upside Down Cake" yang ada di dalam dokumen yang merangkum seluruh kode nama Android, yang sudah dirilis hingga saat ini.

Adapun dokumen tersebut tercantum di daftar kode nama Android yang terkumpul di situs web yang berfungsi untuk berbagi kode software atau source code sistem Android, yaitu Android Gerrit.

Baca juga: Google Singkirkan Semua Patung Android dari Kantor Pusatnya

Belum diketahui apakah Android 14 akan mengusung nama Upside Down Cake atau tidak. Namun, awalan nama kue tersebut, yaitu huruf "U" sejatinya melanjutkan huruf "T" dari kode nama Tiramisu untuk Android 13.

Google belum mengonfirmasi atau mengumumkan kode nama apa yang akan mereka gunakan untuk versi Android selanjutnya.

Kemungkinan besar, mereka masih akan melanjutkan penamaan versi Android dengan nomor kepada publik, seperti apa yang dilakukan sejak Android 10.

Baca juga: Android 13 Resmi Pakai Nama Tiramisu

Terkait Upside Down Cake sendiri, nama kue ini terbilang cukup unik apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, yaitu "Kue Terbalik".

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Selasa (26/4/2022), Kue Terbalik sendiri memang diklaim ada di dunia nyata, dan banyak resep di internet yang bisa dipakai pengguna untuk membuat kue tersebut.

Suatu kue bisa dibilang sebagai Kue Terbalik apabila bagian bawahnya dibalik hingga berada di posisi atas (sisi yang bisa dilihat pengguna), dan bagian tersebut lantas ditaburi dengan berbagai hiasan dan kondimen cantik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.