Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Siaran TV analog di Indonesia akan mulai dimatikan secara bertahap. Tahap pertama akan rampung pada 30 April 2022 mendatang.

Migrasi TV analog ke digital sendiri dilakukan tiga tahap. Tahap kedua akan selesai pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga akan selesai pada 2 November 2022. Setelah dimatikan total, siaran TV di Tanah Air seluruhnya akan dialihkan ke siaran TV digital.

Proses ini disebut juga sebagai migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital (Analog Switch Off/ASO).

Nah, sebelum beralih ke siaran TV digital, masyarakat bisa terlebih dahulu mengecek jangkauan sinyal TV Digital di wilayahnya.

Baca juga: Siaran TV Digital Bisa Ditonton Gratis, Perlu Internet dan Antena Tidak?

Caranya mengeceknya cukup mudah. Masyarakat hanya perlu meng-install aplikasi SinyalTVDigital yang tersedia di toko aplikasi Apple App Store maupun Google Play Store.

Tangkapan layar aplikasi SinyalTVDigital di toko aplikasi Google Play Store.Google Play Store Tangkapan layar aplikasi SinyalTVDigital di toko aplikasi Google Play Store.
Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi sendiri sudah mengonfirmasi bahwa aplikasi ini adalah aplikasi resmi untuk mengecek jangkauan sinyal TV digital di Indonesia.

"Betul. Aplikasi SinyalTVDigital yang terdapat pada App Store dan Play Store adalah aplikasi yang disiapkan bagi masyarakat untuk mengetahui jangkauan sinyal siaran digital di daerahnya," kata Dedy melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Pantauan KompasTekno di Google Play Store, aplikasi Sinyal TV Digital ini dikembangkan oleh pengembang bernama "Bangunindo" dan dirilis pada Agustus 2020 lalu.

Per April ini, aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store sudah diunduh lebih dari 500.000 pengguna.

Cara cek jangkauan sinyal TV digital lewat aplikasi

Dengan melakukan pengecekan di aplikasi SinyalTVDigital, masyarakat dapat mengetahui kekuatan sinyal TV Digital di tempat tinggalnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.