Kompas.com - 26/04/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Pengembang game indie asal Malang, Jawa Timur bernama Algorocks dan Simpleton, merancang game yang bertujuan untuk membantu pemain belajar grammar bahasa Inggris.

Grammar sendiri adalah tata bahasa dalam bahasa Inggris dan bisa dibilang cukup menjadi tantangan bagi sebagian besar orang yang sedang belajar bahasa Inggris karena cukup rumit.

Nah, untuk membantu mereka yang sedang belajar grammar bahasa Inggris, Algorocks dan Simpleton mengembangkan game bernama Grammarian Ltd.

Melalui game ini, pengguna bisa belajar bahasa Inggris sembari bermain mengikuti alur cerita yang ada di dalam game.

Grammarian Ltd memiliki latar waktu di tahun 2099, di mana orang yang memiliki banyak kesalahan dalam grammar bahasa Inggris akan dianggap buruk oleh masyarakat, dan bahkan bisa dipenjara oleh pemerintah.

Baca juga: Pengembang Game Indonesia Masih Andalkan Dana Pribadi untuk Produksi

 

Ilustrasi mencari grammar sesuai dengan instruksi game di game Grammarian Ltd.Algorocks Ilustrasi mencari grammar sesuai dengan instruksi game di game Grammarian Ltd.

Di dalam Grammarian Ltd, pemain akan berperan sebagai lulusan baru atau fresh graduate dari jurusan matematika yang "apes" dan terpaksa harus bekerja menjadi orang yang memvalidasi aneka dokumen berbahasa Inggris di suatu perusahaan.

Tugas pengguna sendiri sederhana, yaitu mengecek seluruh dokumen yang tersedia sesuai dengan arahan atau misi yang ditentukan.

Untuk misi kata benda tunggal atau singular noun, misalnya, pengguna harus mencari sejumlah kata benda tunggal yang ada di dalam dokumen, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Jika pengguna bekerja dengan baik dan mengerjakan seluruh instruksi yang ditentukan, maka mereka akan mendapatkan peningkatan kemampuan dan bayaran atau gaji harian yang sesuai.

Nantinya, level kemampuan pengguna akan berfungsi untuk meningkatkan besaran gaji, sedangkan gaji sendiri bisa dihabiskan untuk membeli berbagai kebutuhan dan fitur di dalam game yang bisa mempermudah pekerjaan mereka sebagai validator bahasa.

Baca juga: Menkominfo: IGDX 2021 Bantu Perkembangan Industri Game Lokal

Ilustrasi ukuran kemampuan pengguna dan gaji yang mereka dapatkan ketika menjalankan misi tiap harinya di Grammarian Ltd.Algorocks Ilustrasi ukuran kemampuan pengguna dan gaji yang mereka dapatkan ketika menjalankan misi tiap harinya di Grammarian Ltd.

Grammarian Ltd telah diluncurkan pekan lalu, tepatnya pada 20 April. Game ini diluncurkan di platform PC (via Steam), Android (tautan unduh), dan iOS (tautan unduh) dengan harga Rp 60.000-an.

Untuk memeriahkan momen peluncuran, pengguna smartphone Android bisa membeli game ini seharga Rp 1.000 khusus untuk hari ini (hari terakhir promo).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.