Resmi Beli Twitter, Elon Musk Janji Bakal Tumpas Akun "Bot"

Kompas.com - 26/04/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Elon Musk resmi membeli Twitter seharga 44 miliar dollar AS atau sekitar Rp 634 triliun. Angka ini sesuai dengan harga penawaran Musk yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Maret lalu.

Kala itu, orang terkaya dunia (versi Forbes) tersebut sesumbar akan "melawan" bot spam Twitter kalau penawarannya dikabulkan.

"Apabila penawaran kami ke Twitter berhasil, kami akan memerangi bot spam," tulis Musk melalui akun Twitternya dengan handle @elonmusk.

Baca juga: Resmi, Elon Musk Beli Twitter Rp 634 Triliun

Dalam utas postingan yang sama, Musk juga mengatakan bahwa nantinya, Twitter akan memastikan bahwa semua pengguna Twitter, benar-benar manusia, bukan bot yang "ngetwit" otomatis.

Bot sendiri adalah akun Twitter yang dikelola software dan diprogram dapat mereplikasi tugas pengguna Twitter, termasuk untuk menyukai postingan hingga berkomentar secara otomatis.

Biasanya, akun bot Twitter bertujuan untuk meningkatkan engagement suatu akun atau topik tertentu, hingga memperluas basis pengguna. Tidak jarang, akun bot juga sengaja "diternak" untuk menggiring suatu isu hingga menjadi trending teratas (trending topic).

Seperti kebanyakan pengguna Twitter, Musk, yang juga cukup aktif di platform mikroblogging itu, ikut geram dengan populasi akun bot di Twitter.

Baca juga: Twitter Pikir Lagi Tawaran Akuisisi dari Elon Musk

Dalam beberapa kesempatan, Musk mengungkapkan ketidaksenangannya terhadap akun bot, salah satunya saat ia menyatakan keprihatinan tentang bot kripto yang memposting twit penipuan untuk menipu investor. Untuk itu ia bertekad memerangi akun bot di situs mikroblogging tersebut. 

"Prioritas utama saya adalah menghilangkan bot spam dan pasukan bot di Twitter," kata Elon Musk dalam sebuah talkshow Ted Talk dikutip KompasTekno dari Economic Times, Selasa (26/4/2022).

Meski berjanji memerangi akun bot di Twitter, belum diketahui bagaimana cara Musk menangkal akun spam tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.