Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Google Hapus Hasil Pencarian Situs Bajakan dari Google Search

Kompas.com - 26/04/2022, 15:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Google turut berupaya untuk menekan jumlah situs bajakan yang dapat ditelusur melalui platform mesin pencariannya.

Raksasa teknologi ini menghapus sejumlah URL situs pembajakan online yang tampil dalam hasil pencarian Google Search di Belanda.

Upaya ini ditempuh Google guna memenuhi permintaan dari kelompok anti-pembajakan BREIN yang didukung oleh pengadilan setempat yang memblokir situs pembajakan.

"Sebagai tanggapan atas permintaan hukum yang diajukan ke Google, kami telah menghapus 6 hasil dari halaman ini (pencarian)," tulis Google dalam keterangan resmi dikutip KompasTekno dari TorrentFreak, Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya Pemerintah Belanda melalui pengadilan tinggi juga meminta penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP) setempat untuk memblokir keenam situs tersebut.

Namun, meskipun diblokir oleh ISP, situs terkait masih dapat tampil dalam hasil pencarian mesin pencari Google. Untuk itu, BREIN meminta Google menghapus nama domain situs pembajakan dari hasil pencarian di Belanda.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Timelapse Efek Perubahan Iklim dari Tahun ke Tahun

Penghapusan hasil penelusuran ini sendiri tidak berlaku secara global, melainkan hanya berlaku di beberapa negara yang mengajukan permintaan ke Google seperti di Belanda.

Di negeri kincir angin tersebut, pemerintah setempat meminta penyedia jasa internet (ISP) dan Google untuk memblokir lusinan domain yang terhubung ke situs torrent populer seperti YTS, RARBG, dan 1337x.

Menurut TorrentFreak, Google kini tidak lagi menampilkan hasil pencarian untuk beberapa situs yang terdeteksi sebagai pembajakan.

Ketika dicari, Google tidak menampilkan hasil apapun. Kendati begitu beberapa situs masih muncul dalam hasil pencarian, meskipun sangat terbatas. Misalnya situs RARBG yang hanya muncul dalam satu hasil pencarian.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke