Kompas.com - 27/04/2022, 09:09 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp disinyalir tengah menyiapkan layanan berlangganan. Layanan ini secara khusus ditujukan untuk pengguna WhatsApp Business.

Bocoran ini muncul dari situs pembocor fitur-fitur WhatsApp, WABetaInfo. Layanan berlangganan tersebut konon memungkinkan pengguna WhatsApp Business untuk menggunakan satu akun di banyak perangkat sekaligus. 

Hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna dalam menunjang komunikasi yang terkait dengan keberlangsungan bisnisnya.

Fungsi untuk menggunakan satu akun WhatsApp di banyak perangkat, sebenarnya sudah hadir melalui fitur Multi-devices. Pengguna WA bisa menggunakan satu akun di empat perangkat berbeda.

Nah bedanya, dengan layanan berlangganan ini, jumlah perangkat yang didukung akan lebih banyak dan bisa mencapai 10 perangkat untuk satu akun.

Indikasi hadirnya layanan berlangganan ini terlihat dari bocoran antarmuka baru aplikasi WhatsApp Business terkait "perangkat terhubung" yang tampak berbeda dengan WhatsApp reguler.

Pada aplikasi versi bisnis, antarmuka fitur itu dilengkapi dengan keterangan "multi-perangkat" yang menunjukkan bahwa pengguna dapat menghubungkan atau menautkan lebih banyak perangkat.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Polling di Grup, Begini Penampakannya

Fitur Linked device di WhatsApp BusinessWABetaInfo Fitur Linked device di WhatsApp Business

Menurut WABetaInfo, layanan ini tak lantas membuat penggunaan WhatsApp Business menjadi berbayar.

Sebab, layanan berlangganan akan hadir sebagai opsi tambahan saja. Praktik ini sama dengan layanan Twitter Blue yang tersedia sebagai opsi tambahan dari layanan utama Twitter.

Jadi, jika pengguna WhatsApp Business merasa perlu layanan itu, mereka dapat mempertimbangkan opsi berlangganan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.