Kompas.com - 27/04/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi pemudik via jalur darat menggunakan kendaraan pribadi, salah satu masalah yang umum dijumpai adalah kelelahan. Mudik Lebaran dengan rute perjalanan yang cukup jauh, menyebabkan kelelahan di tengah jalan itu mungkin terjadi.

Bila lelah melanda, sebaiknya pemudik mengistirahatkan badan dulu untuk beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Biasanya, terdapat pos istirahat atau rest area untuk perjalanan mudik Lebaran yang disiapkan oleh beberapa pihak.

Baca juga: Kapan Mengisi e-HAC sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022?

Rest area itu umumnya tersedia di beberapa titik pada ruas jalan yang kerap dilintasi oleh pemudik. Untuk mencari rest area, kini tidaklah sulit. Pemudik bisa memanfaatkan aplikasi di ponsel untuk cek rest area terdekat.

Jika nanti Anda melangsungkan mudik Lebaran, berikut merupakan tiga cara cek rest area terdekat.

1. Cara cek rest area terdekat lewat Google Maps

Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Google MapsKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi dengan fitur utama peta dan navigasi atau penunjuk arah. Bagi sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi besutan Google ini.

Direktori lokasi yang tersedia di Google Maps cukup lengkap. Dengan Google Maps, Anda bisa mencari rest area terdekat dengan lokasi saat ini. Cara cek rest area terdekat di Google Maps cukup mudah.

Buka aplikasi Google Maps di ponsel, pastikan izin akses fitur Lokasi telah diaktifkan. Kemudian, pada kolom pencarian ketik “Rest Area” dan Google Maps bakal langsung menunjukkan beberapa titik pos peristirahatan terdekat yang bisa dikunjungi.

Anda bisa melihat ulasan maupun foto dari lokasi rest area tersebut sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Aplikasi Google Maps bisa diunduh di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

2. Cara cek rest area terdekat lewat Waze

Ilustrasi cara cek rest area terdekat via WazeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Waze

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.