Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 13 Versi Beta Mulai Dirilis, Ini HP yang Kebagian Pertama Kali

Kompas.com - 27/04/2022, 14:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google akhirnya mulai merilis sistem operasi (OS) terbaru bikinannya, Android 13 versi beta tahap pertama kepada publik, pada Rabu (27/4/2022).

Android 13 sudah lebih dulu dirilis dalam versi developer preview untuk para pengembang (developer) pada Februari hingga Maret 2022.

Dalam perilisan perdananya ini, OS Android 13 Beta 1 baru digulirkan secara terbatas untuk ponsel bikinan Google sendiri, yaitu Pixel.

Berikut daftar ponsel Pixel yang kompatibel dan sudah bisa mengunduh Android 13 Beta 1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Google untuk Android:

  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a (5G)
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro

Perilisan Android 13 Beta 1 ini dilakukan sekitar dua minggu menjelang acara tahunan Google I/O 2022 bulan depan. Ajang kumpul-kumpul developer ini akan berlangsung pada tanggal 11- 12 Mei 2022.

Baca juga: Google I/O 2022 Digelar Online dan Gratis, Ini Jadwal serta Link Daftarnya

Memang, selama ini, ajang Google I/O kerap menjadi panggung perkenalan sistem operasi Android versi teranyar. Nah, Tahun 2022 ini, Google juga kemungkinan akan memperkenalkan Android 13 secara resmi ke publik dalam acara Google I/O 2022.

Pada ajang tersebut, Google diharapkan akan mengungkapkan sepenuhnya merinci rencananya untuk pembaruan fitur-fitur yang dibawa OS Android 13.

Fitur Android 13 Beta 1

Android 13 versi beta pertama membawa pembaruan fitur. Salah satunya ada fitur perizinan yang lebih terperinci saat aplikasi ingin akses file/media.

Fitur "minta izin" ini sebenarnya sudah hadir di Android 12. Namun, di Android 13 ini fitur tersebut dibuat lebih rinci.

Di versi Android 12, fitur perizinan masih sangat umum, seperti misalnya izin akses "file dan media". Izin tersebut akan memberikan aplikasi akses ke semua jenis file dan media di ponsel, yang mana tidak selalu diperlukan oleh aplikasi.

Ilustrasi jendela perizinan aplikasi untuk mengakses file audio dari ponsel pengguna.Blog Developer Android Ilustrasi jendela perizinan aplikasi untuk mengakses file audio dari ponsel pengguna.
Sebagai contoh, aplikasi pemutar audio secara teori hanya perlu akses ke file audio, tidak memerlukan akses ke foto pengguna.

Nah, di Android 13 ini Google memperkenalkan tiga izin baru berdasarkan jenis media yang perlu diakses aplikasi, yaitu:

  • Izin untuk gambar dan foto
  • Izin untuk video
  • Izin untuk file audio

Dengan begitu, pengguna agaknya bisa memberikan aplikasi izin akses sesuai keperluannya.

Fitur lainnya ada Keystore dan KeyMint, sebuah bagian Android yang dapat menangani kunci kriptografi. Fitur ini telah diperbarui untuk memberikan kode kesalahan yang lebih informatif.

Baca juga: Daftar HP Android Harga Rp 1-3 Jutaan, Ponsel Baru untuk Lebaran 2022

Ada juga application program interface (API) baru untuk pemutaran audio, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (27/4/2022).

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com