Kompas.com - 27/04/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Google akhirnya mulai merilis sistem operasi (OS) terbaru bikinannya, Android 13 versi beta tahap pertama kepada publik, pada Rabu (27/4/2022).

Android 13 sudah lebih dulu dirilis dalam versi developer preview untuk para pengembang (developer) pada Februari hingga Maret 2022.

Dalam perilisan perdananya ini, OS Android 13 Beta 1 baru digulirkan secara terbatas untuk ponsel bikinan Google sendiri, yaitu Pixel.

Berikut daftar ponsel Pixel yang kompatibel dan sudah bisa mengunduh Android 13 Beta 1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Google untuk Android:

  • Pixel 4
  • Pixel 4 XL
  • Pixel 4a
  • Pixel 4a (5G)
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro

Perilisan Android 13 Beta 1 ini dilakukan sekitar dua minggu menjelang acara tahunan Google I/O 2022 bulan depan. Ajang kumpul-kumpul developer ini akan berlangsung pada tanggal 11- 12 Mei 2022.

Baca juga: Google I/O 2022 Digelar Online dan Gratis, Ini Jadwal serta Link Daftarnya

Memang, selama ini, ajang Google I/O kerap menjadi panggung perkenalan sistem operasi Android versi teranyar. Nah, Tahun 2022 ini, Google juga kemungkinan akan memperkenalkan Android 13 secara resmi ke publik dalam acara Google I/O 2022.

Pada ajang tersebut, Google diharapkan akan mengungkapkan sepenuhnya merinci rencananya untuk pembaruan fitur-fitur yang dibawa OS Android 13.

Fitur Android 13 Beta 1

Android 13 versi beta pertama membawa pembaruan fitur. Salah satunya ada fitur perizinan yang lebih terperinci saat aplikasi ingin akses file/media.

Fitur "minta izin" ini sebenarnya sudah hadir di Android 12. Namun, di Android 13 ini fitur tersebut dibuat lebih rinci.

Di versi Android 12, fitur perizinan masih sangat umum, seperti misalnya izin akses "file dan media". Izin tersebut akan memberikan aplikasi akses ke semua jenis file dan media di ponsel, yang mana tidak selalu diperlukan oleh aplikasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.