Kompas.com - 27/04/2022, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Hootsuite dan We Are Social menerbitkan laporan "Digital 2022 April Global Statshot Report". Laporan ini merangkum tren digital dan media sosial terbaru di seluruh dunia, termasuk tentang jumlah pengguna internet saat ini.

Menurut laporan itu, jumlah pengguna internet di dunia kini mencapai 5 miliar. Angka ini mewakili 63 persen populasi penduduk dunia yang kini diperkirakan mencapai 7,93 miliar orang.

Jumlah pengguna internet pada April 2022 juga meningkat dari tahun sebelumnya, dengan kenaikan sebesar 196 juta pengguna. Meski kenaikannya terbilang signifikan, masih ada 2,9 miliar orang yang belum menggunakan internet dalam periode yang sama. Angka ini mewakili 37 persen dari total populasi global.

"Seiring dengan pertumbuhan adopsi internet global, kami melihat peningkatan akses ke informasi, media sosial dan teknologi," kata CMO Hootsuite, Maggie Lower dikutip KompasTekno dari Media Week, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: OpenSignal: Internet di IKN Nusantara Cukup Cepat, tapi Masih Di Bawah Jakarta

"Partumbuhannya sangat kuat dan saya bersemangat mengikuti pertumbuhan yang stabil dalam hal adopsi internet serta dampaknya pada cara orang terhubung menggunakan berbagai media," imbuhnya.

Jumlah pengguna internet di dunia per April 2022Hootsuite Jumlah pengguna internet di dunia per April 2022

Adapun sebarannya, jumlah pengguna internet tertinggi dunia berada di wilayah Asia Timur dengan persentase 24,6 persen. Beberapa negara di kawasan ini termasuk China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan Korea Utara.

Kemudian disusul kawasan Asia Selatan yang meliputi negara Afghanistan, India, Pakistan hingga Sri Langka. Persentase jumlah pengguna internet di Asia Selatan sebesar 18 persen.

Jumlah pengguna internet tertinggi ketiga di dunia juga masih berada si Asia, yaitu kawasan Asia Tenggara meliputi negara Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura hingga Malaysia. Persentase jumlah pengguna internet di kawasan ini per April 2022 mencapai 9,9 persen.

Sedangkan jumlah pengguna internet terendah berada di kawasan Oseania dan Kepulauan Karibia dengan persentase masing-masing 0,6 persen.

Baca juga: Asosiasi Penyelenggara Internet Ungkap Alasan Masyarakat Tergiur WiFi Ilegal

Berapa lama orang-orang online di internet?

Laporan Hootsuite dan We Are Social juga merangkum durasi rata-rata pengguna berselancar di internet. Berdasarkan laporan itu, pengguna internet di dunia rata-rata online selama 6 jam 53 menit atau hampir 7 jam dalam sehari.

Durasi tersebut turun 0,7 persen atau sekitar 3 menit dibanding rata-rata durasi online pada awal tahun, yaitu selama 6 jam 57 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.