Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengguna Internet Dunia Tembus 5 Miliar, Online Hampir 7 Jam Sehari

Kompas.com - 27/04/2022, 18:32 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hootsuite dan We Are Social menerbitkan laporan "Digital 2022 April Global Statshot Report". Laporan ini merangkum tren digital dan media sosial terbaru di seluruh dunia, termasuk tentang jumlah pengguna internet saat ini.

Menurut laporan itu, jumlah pengguna internet di dunia kini mencapai 5 miliar. Angka ini mewakili 63 persen populasi penduduk dunia yang kini diperkirakan mencapai 7,93 miliar orang.

Jumlah pengguna internet pada April 2022 juga meningkat dari tahun sebelumnya, dengan kenaikan sebesar 196 juta pengguna. Meski kenaikannya terbilang signifikan, masih ada 2,9 miliar orang yang belum menggunakan internet dalam periode yang sama. Angka ini mewakili 37 persen dari total populasi global.

"Seiring dengan pertumbuhan adopsi internet global, kami melihat peningkatan akses ke informasi, media sosial dan teknologi," kata CMO Hootsuite, Maggie Lower dikutip KompasTekno dari Media Week, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: OpenSignal: Internet di IKN Nusantara Cukup Cepat, tapi Masih Di Bawah Jakarta

"Partumbuhannya sangat kuat dan saya bersemangat mengikuti pertumbuhan yang stabil dalam hal adopsi internet serta dampaknya pada cara orang terhubung menggunakan berbagai media," imbuhnya.

Jumlah pengguna internet di dunia per April 2022Hootsuite Jumlah pengguna internet di dunia per April 2022

Adapun sebarannya, jumlah pengguna internet tertinggi dunia berada di wilayah Asia Timur dengan persentase 24,6 persen. Beberapa negara di kawasan ini termasuk China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan Korea Utara.

Kemudian disusul kawasan Asia Selatan yang meliputi negara Afghanistan, India, Pakistan hingga Sri Langka. Persentase jumlah pengguna internet di Asia Selatan sebesar 18 persen.

Jumlah pengguna internet tertinggi ketiga di dunia juga masih berada si Asia, yaitu kawasan Asia Tenggara meliputi negara Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura hingga Malaysia. Persentase jumlah pengguna internet di kawasan ini per April 2022 mencapai 9,9 persen.

Sedangkan jumlah pengguna internet terendah berada di kawasan Oseania dan Kepulauan Karibia dengan persentase masing-masing 0,6 persen.

Baca juga: Asosiasi Penyelenggara Internet Ungkap Alasan Masyarakat Tergiur WiFi Ilegal

Berapa lama orang-orang online di internet?

Laporan Hootsuite dan We Are Social juga merangkum durasi rata-rata pengguna berselancar di internet. Berdasarkan laporan itu, pengguna internet di dunia rata-rata online selama 6 jam 53 menit atau hampir 7 jam dalam sehari.

Durasi tersebut turun 0,7 persen atau sekitar 3 menit dibanding rata-rata durasi online pada awal tahun, yaitu selama 6 jam 57 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com