Kompas.com - 27/04/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Smartphone Samsung Galaxy A73 5G mulai dipasarkan di Indonesia pada Maret 2021. Salah satu nilai jual utama dari ponsel seharga Rp 7,8 juta ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 108 MP.

Ini adalah pertama kalinya kamera 108 MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A. Biasanya, Samsung menyematkan kamera dengan resolusi sebesar itu hanya di seri flagship.

Selain peningkatan, Samsung juga memangkas alias menghilangkan sejumlah fitur yang ada pada bodi dan kotak penjualan Galaxy A73.

Penasaran, fitur apa saja yang dibawa ponsel kelas menengah (mid-range) terbaru dari Samsung ini? Dan bagaimana tampangnya dari segala sisi?

Untuk mengetahuinya, ikuti penelusurannya berikut ini.

Unboxing Samsung Galaxy A73 5G

Untuk diketahui, KompasTekno sendiri berkesempatan menjajal Samsung Galaxy A73 5G (8/256 GB) varian warna Awesome Mint versi ritel Indonesia.

Dari segi kemasan, Samsung Galaxy A73 5G masih datang dengan desain kotak penjualan yang sama seperti pendahulunya, Galaxy A72.

Misalnya, kemasan masih didominasi oleh warna putih. Di bagian depan kardus, terdapat foto produk yang memperlihatkan desain layar dan punggung Samsung A73 5G.

Ketika dibuka, isi kotak penjualan Samsung Galaxy A73 5G sangat minimalis. Isinya hanya terdiri atas satu unit ponsel, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tool, panduan pengguna, serta kartu garansi.

Isi kotak penjualan Galaxy A73 5G di Indonesia hanya terdiri dari satu unit ponsel, kabel USB C to C, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, dan kartu garansi. Samsung tak lagi menyertakan adapter charger dalam paket penjualan ponsel ini.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak penjualan Galaxy A73 5G di Indonesia hanya terdiri dari satu unit ponsel, kabel USB C to C, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, dan kartu garansi. Samsung tak lagi menyertakan adapter charger dalam paket penjualan ponsel ini.
Kali ini, Samsung memangkas aksesori adapter (kepala) charger dari kotak penjualan Galaxy A73 5G.

Selain A73, Samsung juga menghilangkan adapter charger dari paket pembelian ponsel seri A lainnya, yaitu Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G.

Ini membuat ketiga ponsel itu menjadi anggota lini A-series pertama yang tidak dibekali kepala charger dalam paket pembelian.

Sebagai perbandingan, tahun lalu, Samsung Galaxy A72 masih dibekali adapter Super Fast Charger dengan keluaran daya 25 watt.

Untuk sektor daya, Samsung Galaxy A73 5G dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sudah mendukung fitur super fast charging 25 watt.

Nah, karena tak lagi dibekali adapter bawaan, pengguna bisa menggunakan charger Galaxy A72 lamanya agar tetap bisa menikmati fitur pengisi cepat di Samsung Galaxy A73 5G.

Atau alternatif lainnya, pengguna bisa membeli adapter Super Fast Charger 25 watt seharga Rp 299.000 dengan uang sendiri. Bila tak menggunakan adapter dengan keluaran 25 watt, fitur pengisi cepat pada Samsung Galaxy A73 tidak akan aktif sehingga pengisian daya bisa memakan waktu lebih lama.

Baca juga: Ini Kelebihan Kamera 108 MP di Samsung Galaxy A73 5G, Bukan Cuma Resolusi Besar

Tampang Galaxy A73, minus colokan audio jack 3.5mm

Samsung A73 5G dibekali layar Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits, dan sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Layar ini juga sudah mendukung fingerprint di bawah layar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung A73 5G dibekali layar Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits, dan sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Layar ini juga sudah mendukung fingerprint di bawah layar.
Dari segi tampang, Samsung Galaxy A73 terlihat masih mewarisi pendahulunya. Pada bagian layar, misalnya, ponsel ini masih dibekali layar berdesain infinity-O dengan sebuah lubang (punch hole) sebagai rumah bagi kamera depan 32 MP (f/2.2).

Layar tersebut menggunakan panel berjenis Super AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) serta tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits.

Teknologi layar tersebut mampu memanjakan mata pengguna dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih.

Di samping itu, karena sudah menggunakan panel Super AMOLED, layar Samsung Galaxy A73 sudah mendukung fitur biometrik kekinian, yaitu pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner). Fitur ini akan semakin memudahkan pengguna ketika membuka kunci layar.

Layar Samsung Galaxy A73 5G memiliki refresh rate 120 Hz sehingga ketika menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Layar ponsel penerus Galaxy A72 ini juga sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih tahan terhadap goresan.

Bagian belakang Samsung A73 5G ini juga masih mirip seperti Galaxy A72, di mana ada modul kamera berbentuk persegi panjang. Modul kamera itu menampung empat kamera belakang yang disusun secara vertikal, lengkap dengan sebuah lampu LED flash.

Di bagian bawah, bodi Galaxy A73 5G memiliki lubang speaker dan USB Type-C untuk pengisian daya. Ponsel ini tidak memiliki colokan audio jack 3.5mm. Jadi, alternatifnya, pengguna bisa membeli adapter USB type C ke audio jack 3.5mm untuk tetap bisa menikmati audio menggunakan earphone atau headset kabel atau beralih menggunakan earphone bluetooth.
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Di bagian bawah, bodi Galaxy A73 5G memiliki lubang speaker dan USB Type-C untuk pengisian daya. Ponsel ini tidak memiliki colokan audio jack 3.5mm. Jadi, alternatifnya, pengguna bisa membeli adapter USB type C ke audio jack 3.5mm untuk tetap bisa menikmati audio menggunakan earphone atau headset kabel atau beralih menggunakan earphone bluetooth.
Beralih membahas lubang dan port, kali ini, Samsung resmi menghilangkan colokan audio jack 3.5mm dari Galaxy A73 5G. Karena sudah dihilangkan, pengguna tidak bisa lagi menyambungkan earphone atau headset kabel ke ponsel ini.

Alternatifnya, pengguna bisa membeli adapter USB type C ke audio jack 3.5mm untuk tetap bisa menikmati konten audio menggunakan earphone atau headset kabel. Pilihan lainnya, pengguna dapat beralih menggunakan headset wireless atau speaker Bluetooth.

Sebelumnya, Galaxy A72 masih memiliki lubang audio jack 3.5mm di bagian bawah bodi ponsel. Kini, bagian bawah Galaxy A73 hanya terdapat sebuah lubang speaker serta port USB C.

Selebihnya, penempatan port dan lubang pada Galaxy A73 sama seperti pendahulunya. Misalnya, di sisi samping kanan bodi ponsel terdapat tombol pengatur volume dan tombol power. Sedangkan di sisi kirinya, bersih tanpa tombol atau lubang apapun.

Terakhir, laci SIM pada Galaxy A73 5G ditempatkan di sisi atas. Laci SIM itu berjenis dual SIM hybrid, yang bisa digunakan dalam dua skenario.

Pertama, pengguna menggunakan dua SIM card (nano) tanpa kartu microSD. Kedua, pengguna menggunakan sati SIM card (nano) dengan kartu eksternal microSD hingga 1 TB untuk menambah kapasitas penyimpanan internal.

Baca juga: Membidik Sirkuit Mandalika dengan Samsung Galaxy A53

Kamera utama 108 MP dengan sejumlah fitur unggulan

Kali ini, Samsung Galaxy A73 5G dibekali dengan empat kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8, OIS, VDIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Ini merupakan pertama kalinya Samsung membenamkan sensor 108 MP pada kamera belakang smartphone kelas menengah dari keluarga Galaxy A series.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kali ini, Samsung Galaxy A73 5G dibekali dengan empat kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8, OIS, VDIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Ini merupakan pertama kalinya Samsung membenamkan sensor 108 MP pada kamera belakang smartphone kelas menengah dari keluarga Galaxy A series.
Dari sisi tampang, Galaxy A73 memang tak banyak berubah. Namun lain cerita soal spesifikasi, terutama spesifikasi kamera utamanya.

Kini, spesifikasi kamera utama Samsung A73 naik kelas karena sudah dibekali lensa beresolusi 108 MP. Sebelumnya, Galaxy A72 hanya dibekali kamera utama 64 MP.

Yang membuat kamera ini istimewa adalah karena ini pertama kalinya Samsung menyematkan kamera utama 108 MP pada seri Galaxy A. Sebelumnya kamera resolusi tinggi itu ekslusif tersedia pada ponsel flagship Samsung, seperti Galaxy S22 Ultra 5G, misalnya.

Tak hanya resolusinya yang tinggi, kamera utama 108 pada Galaxy A73 5G juga membawa sejumlah fitur unggulan, seperti Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS)

Dua fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat mengambil foto dan video dengan tajam dan stabil dengan kamera utama 108 MP pada Galaxy A73 5G.

Untuk perekaman video, kamera utama ponsel ini mendukung hingga resolusi UHD 4K (3.840 x 2.160 piksel) di 30 fps.

Sementara dalam menghasilkan gambar, Samsung menerapkan teknik "nona-binning" pada kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G.

Teknik "nona-binning" bekerja dengan cara menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel menggunakan AI. Teknologi ini menjanjikan gambar yang lebih detail dan cerah.

Dengan kombinasi teknik "nona-binning" dan ukuran piksel yang besar ini menjanjikan kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G dapat menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi, yaitu 12.000 x 900 piksel.

Selain itu, hasil gambar dari bidikan kamera utama ponsel ini juga disebut akan lebih detail dan cerah.

Kamera utama 108 MP itu ditemani dengan tiga kamera lainnya, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Sementara di sisi depan, Samsung menyertakan kamera 32 MP (f/2.2) untuk keperluan swafoto dan video call.

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru Jelang Lebaran 2022, dari Entry Level hingga Flagship

Dukungan 5G dan fitur lainnya

Seperti ponsel kekinian lainnya, Samsung A73 juga sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia. Menurut situs resmi Samsung Indonesia, ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G di pita (band) n1, n3, n5, n7, n28, n66, n40, n41, n78.

Untuk aspek dayanya, Samsung Galaxy A73 5G ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan Super Fast Charging 25 watt.

Teknologi pengisi daya cepat itu diklaim dapat mengisi daya ponsel hingga 46 persen dalam 30 menit atau mengisi penuh baterai dalam kurun waktu 70-80 menit.

Ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka One UI 4.1.

Fitur lain yang dibawa ponsel penerus Galaxy A72 ini meliputi dukungan NFC, speaker stereo, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, USB Type-C, serta Liquid Cooling System.

Selain itu, Samsung A73 5G juga sudah dilengkapi fitur ketahanan air (water resistant) dan debu (dust resistant) bersertifikasi IP67. Dengan sertifikasi tersebut, ponsel ini diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Untuk lebih jelasnya, spesifikasi lengkap serta harga Samsung A73 5G di Indonesia bisa disimak melalui tabel di bawah ini.

Sementara, penampakan Samsung Galaxy A73 5G dari segala sisi dapat dilihat melalui rangkaian foto "Unboxing dan Hands On Samsung Galaxy A73 5G, Ponsel A Series Pertama dengan Kamera 108 MP".

  Samsung Galaxy A73 5G Harga dan Spesifikasi
Layar  Infinity-O display, Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits, dan sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5
Dimensi dan bobot 163,7 x 76,1 x 7,6 mm 181 gram
System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 778G (6nm) CPU: Octa-core (4x2.4 GHz Kryo 670 & 4x1.8 GHz Kryo 670) GPU: Adreno 642L
RAM/memori internal

RAM: 8 GB (RAM Plus 8 GB)
Storage: 256 GB

Sistem operasi (OS) Android 12, One UI 4.1
Kamera belakang Kamera utama 108 MP (f/1.8, OIS, VDIS) Kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) Kamera depth sensor 5 MP (f/2.4) Kamera makro 5 MP (f/2.4) Perekaman video: UHD 4K (3.840 x 2.160 piksel) @30fps Slow motion: HD @240 fps
Kamera depan Kamera depan 32 MP (f/2.2)
Baterai 5.000 mAh, super fast charging 25 watt
NFC Ada
Band 5G 5G FDD Sub6: n1(2100), n3(1800), n5(850), n7(2600), n28(700), n66(AWS-3) 5G TDD Sub6: n40(2300), n41(2500), n78(3500)
SIM dan konektor dual SIM hybrid, USB Type-C
Biometrik in-display fingerprint, face unlock
Fitur lainnya IP67, speaker stereo, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, USB Type-C, serta Liquid Cooling System.
Warna Awesome Mint, Awesome Gray, dan Awesome White
Harga 8/256 GB: Rp 7.799.000

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.