Kompas.com - 28/04/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 bakal segera berlangsung dalam waktu dekat ini. Saat perjalanan pulang ke kampung halaman nanti, kiranya terdapat beberapa kebutuhan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, seperti kesehatan fisik dan kecukupan finansial.

Selain itu, kebutuhan lain yang juga penting untuk disiapkan dulu biar tak repot saat perjalanan nanti, antara lain seperti melengkapi syarat mudik Lebaran 2022, membeli tiket transportasi, mengetahui rute perjalanan, dan sebagainya.

Baca juga: Kapan Mengisi e-HAC sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022?

Mempersiapkan kebutuhan seperti yang tercantum di atas tidaklah rumit. Kini, terdapat beberapa aplikasi di ponsel yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang beberapa kebutuhan mudik Lebaran 2022.

Supaya perjalanan mudik nanti lancar, Anda bisa mempersiapkan dulu beberapa aplikasi, sebagai berikut.

1. Aplikasi PeduliLindungi

Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi.SHUTTERSTOCK/FARZAND01 Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi untuk mudik yang pertama adalah PeduliLindungi. Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tak asing lagi dengan PeduliLindungi. Masyarakat nantinya wajib menunjukkan bukti vaksinasi ke petugas sebagai syarat mudik Lebaran 2022.

Bukti vaksinasi atau biasa disebut dengan sertifikat vaksin, biasanya akan diterima setelah mendapat vaksinasi dan bisa diunduh melalui aplikasi PeduliLindungi. Adapun untuk cara mendapatkan sertifikat vaksin di PeduliLindungi bisa dicek di tautan ini.

Selain untuk mendapatkan sertifikat vaksin, PeduliLindungi juga memuat layanan pengisian e-HAC (eletronic Health Alert Card). Salah satu syarat mudik Lebaran 2022 adalah masyarakat wajib mengisi e-HAC sebelum melakukan perjalanan.

Status yang tertera di e-HAC nantinya dipakai untuk menentukkan kelayakan bepergian. Untuk mengisi e-HAC, caranya bisa dicek lewat tautan ini.

Aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.