Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi yang Wajib Diunduh Sebelum Mudik Lebaran 2022 agar Perjalanan Lancar

Kompas.com - 28/04/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 bakal segera berlangsung dalam waktu dekat ini. Saat perjalanan pulang ke kampung halaman nanti, kiranya terdapat beberapa kebutuhan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, seperti kesehatan fisik dan kecukupan finansial.

Selain itu, kebutuhan lain yang juga penting untuk disiapkan dulu biar tak repot saat perjalanan nanti, antara lain seperti melengkapi syarat mudik Lebaran 2022, membeli tiket transportasi, mengetahui rute perjalanan, dan sebagainya.

Baca juga: Kapan Mengisi e-HAC sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022?

Mempersiapkan kebutuhan seperti yang tercantum di atas tidaklah rumit. Kini, terdapat beberapa aplikasi di ponsel yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang beberapa kebutuhan mudik Lebaran 2022.

Supaya perjalanan mudik nanti lancar, Anda bisa mempersiapkan dulu beberapa aplikasi, sebagai berikut.

1. Aplikasi PeduliLindungi

Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi.SHUTTERSTOCK/FARZAND01 Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi untuk mudik yang pertama adalah PeduliLindungi. Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tak asing lagi dengan PeduliLindungi. Masyarakat nantinya wajib menunjukkan bukti vaksinasi ke petugas sebagai syarat mudik Lebaran 2022.

Bukti vaksinasi atau biasa disebut dengan sertifikat vaksin, biasanya akan diterima setelah mendapat vaksinasi dan bisa diunduh melalui aplikasi PeduliLindungi. Adapun untuk cara mendapatkan sertifikat vaksin di PeduliLindungi bisa dicek di tautan ini.

Selain untuk mendapatkan sertifikat vaksin, PeduliLindungi juga memuat layanan pengisian e-HAC (eletronic Health Alert Card). Salah satu syarat mudik Lebaran 2022 adalah masyarakat wajib mengisi e-HAC sebelum melakukan perjalanan.

Status yang tertera di e-HAC nantinya dipakai untuk menentukkan kelayakan bepergian. Untuk mengisi e-HAC, caranya bisa dicek lewat tautan ini.

Aplikasi PeduliLindungi bisa diunduh lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

2. Aplikasi peta dan navigasi

Ilustrasi aplikasi peta dan navigasi Google MapsApp Store Ilustrasi aplikasi peta dan navigasi Google Maps

Google Maps dan Waze menjadi aplikasi untuk mudik yang kedua. Aplikasi dengan fitur utama sebagai penyedia peta dan petunjuk arah atau navigasi tersebut, memudahkan saat melakukan perjalanan mudik nanti.

Lewat Google Maps atau Waze, Anda bisa memeriksa kondisi kemacetan lalu lintas dan dapat memilih rute perjalanan lain yang sekiranya tidak terlalu padat kendaraan.

Aplikasi peta dan navigasi ini juga bisa menunjukkan beberapa lokasi penting untuk menunjang kelancaran mudik Lebaran 2022, misalnya SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), area istirahat (rest area), dan sebagainya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, silakan unduh di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone) dengan kata kunci sesuai nama aplikasinya, misal “Google Maps” (tanpa tanda kutip).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com