Kompas.com - 28/04/2022, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan segera melakukan migrasi siaran TV analog ke siaran TV Digital (Analog Switch Off/ASO) tahap pertama.

Mulai 30 April mendatang, Kominfo akan mematikan siaran TV analog di 56 wilayah siaran yang tersebar di 166 kabupaten/kota di Indonesia. ASO kemudian akan dilanjutkan di tahap kedua pada 25 Agustus dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

Setelah siaran TV analog dimatikan, siaran TV nantinya akan dialihkan ke siaran TV digital. Untuk dapat tetap mengakses siaran TV, masyarakat yang terdampak ASO perlu mengecek apakah TV yang dimiliki sudah mendukung siaran TV digital atau belum.

Baca juga: 4 Ciri-ciri TV Digital, Pastikan Dulu Sebelum Membeli STB

Jika TV belum mendukung siaran digital, maka mereka perlu menyiapkan TV yang mendukung siaran digital. Selain membeli TV digital baru, pengguna bisa menggunakan cara alternatif untuk tetap bisa mengakses siaran digital, yakni dengan bantuan Set Top Box (STB).

Bersama penyelenggara multipleksing, Kominfo telah menyediakan bantuan STB gratis khusus untuk masyarakat miskin. Alhasil, masyarakat non-miskin dapat melakukan pembelian STB secara mandiri.

Pengalaman membeli STB

Dalam rangka menyambut ASO tahap-I, KompasTekno mencoba pengalaman membeli dan menggunakan STB. Untuk bisa mendapatkan unit STB, KompasTekno mengunjungi sejumlah toko elektronik yang berlokasi di kawasan Perumahan Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara.

Sejumlah toko terpantau tutup lantaran sedang mudik lebaran. Sedangkan beberapa toko lain yang masih buka mengaku kehabisan stok STB lantaran sudah dibanjiri pembeli.

KompasTekno akhirnya singgah ke toko Dunia Elektronik dan berjumpa dengan Jimmy selaku pemilik toko. Saat ditanya menyoal ketersediaan stok STB, Jimmy mengaku bahwa pihaknya hanya memiliki satu buah unit STB sisa stok terakhir.

Menurut keterangan yang disampaikan Jimmy, permintaan STB semakin meningkat menjelang digelarnya ASO tahap pertama.

"Karena di sini kan masih ada yang masih pakai TV tabung dan TV belum digital," ungkap Jimmy kepada KompasTekno.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.