Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Negara Kedua yang Warganya Banyak Main Game

Kompas.com - 28/04/2022, 15:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HootSuite bersama dengan perusahaan media asal Inggris, We Are Social merilis laporan bertajuk "Digital 2022 April Global Statshot Report".

Melalui laporan tersebut, We Are Social mengungkap daftar negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game.

Di antara 44 negara yang masuk ke dalam kategori tersebut, dilaporkan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua.

Tercatat 95,4 persen pengguna internet di Tanah Air bermain game di berbagai macam perangkat, mulai dari PC, konsol, VR, hingga platform media streaming.

Berada di posisi puncak, Filipina berhasil menguasai urutan pertama dengan total persentase yang mencapai 96,7 persen. Urutan lima besar dalam daftar ini nampak didominasi oleh negara yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Baca juga: Xbox PC Game Pass Resmi Hadir di Indonesia, Harga Langganan Mulai Rp 15.000

Hal ini terlihat dari munculnya nama Vietnam dan Thailand di peringkat keempat dan kelima. Masing-masing dari negara tersebut mengantongi persentase 93 persen dan 92,6 persen.

Daftar negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game. Hootsuite Daftar negara dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game.

Sementara itu, Turki dinobatkan sebagai negara kelima (92,3 persen) dengan pengguna internet yang paling banyak bermain video game di beragam jenis perangkat.

Data yang terdapat dalam laporan "Digital 2022 April Global Statshot Report" dikumpulkan berdasarkan pengguna internet yang berada direntang umur 16 hingga 64 tahun.

We Are Social mendapati bahwa pengguna internet berjenis kelamin pria lebih banyak memilih untuk bermain game dibandingkan wanita, di beragam rentang usia.

Secara garis besar, sebanyak 83,3 persen pengguna internet global pernah mencoba memainkan game di beragam jenis perangkat.

Baca juga: 5 HP Samsung yang Cocok buat Main Game untuk Mudik Lebaran 2022

Namun, perangkat smartphone nampaknya lebih banyak disukai dengan total persentase mencapai 67 persen, kemudian PC dan laptop (37 persen), konsol (25,3 persen), tablet (16,1 persen), konsol hadheld (12,7 persen), media streaming (9,4 persen), serta VR (8,1 persen).

Dalam laporan yang sama, We Are Social juga mengungkap secara keseluruhan rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna internet dunia untuk bermain game konsol.

Daftar rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna internet dunia untuk bermain game konsol. Hootsuite Daftar rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna internet dunia untuk bermain game konsol.

Dihimpun KompasTekno dari We Are Social, Kamis (28/4/2022), rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu sekitar 1 jam dan 23 menit setiap harinya untuk menikmati permainan di konsol.

Thailand merupakan negara dengan pengguna internet tertinggi yang menghabiskan waktu untuk bermain game. Diperkirakan bahwa 1 jam dan 56 menit dihabiskan setiap harinya oleh pengguna internet di Lumbung Padi di Asia Tenggara tersebut untuk bermain game konsol.

mulai dari halaman 76

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com