Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek TV Kita Sudah Digital atau Masih Analog

Kompas.com - 28/04/2022, 15:31 WIB
Soffya Ranti,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Migrasi siaran TV analog ke TV digital (analog switch off/ASO) tahap pertama akan rampung pada 30 April. Tahap pertama ASO ini mencakup 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran.

Upaya ini merupakan bagian dari digitalisasi oleh Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) yang dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama, dilaksanakan paling lambat 30 April 2022, tahap kedua paling lambat 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga paling lambat 2 November 2022.

Untuk menikmati siaran televisi digital, masyarakat yang belum memiliki TV digital atau yang TV-nya masih analog, membutuhkan set top box (STB) untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di televisi analog biasa.

Baca juga: 4 Tips Memilih STB untuk Siaran TV Digital, Jangan Sampai Salah Beli

Rencananya, pemerintah akan mendistribusikan STB gratis ke masyarakat yang masuk dalam daftar Rumah Tangga Miskin.

Namun, bagi masyarakat kelas menengah, pemerintah berharap mampu mengadakan STB secara mandiri.

Sebelum membeli STB, ada baiknya untuk mengecek lebih dahului apakah TV di rumah Anda sudah TV digital atau masih TV analog.

Baca juga: Cara Mengubah TV Biasa Menjadi TV Digital

Lantas bagaimana cara cek TV digital atau analog? berikut ini KompasTekno merangkum cara cek apakah TV kita digital atau analog, dirangkum dari situs resmi Kominfo.

Cara cek TV digital atau analog

  • Buka laman resmi kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id/
  • Pilih menu “Perangkat TV Digital
  • Selanjutnya klik “Pilih Kategori”
  • Pilih “Televisi”
  • Tulis merk beserta tipe televisi
  • Apabila merk dan tipe televisi merupakan TV yang sudah menerima siaran TV digital, maka keterangan merk dan tipe akan muncul dalam daftar
  • Namun, apabila televisi belum terdaftar sebagai televisi digital, maka akan muncul keterangan “Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat”

Anda juga dapat mengecek TV digital atau analog saat melalukan pencarian (menggunakan remot) di televisi Anda. Jika terdapat pilihan DTV, berarti televisi tersebut dapat menerima siaran digital.

Baca juga: Daftar 23 STB untuk Siaran TV Digital yang Mendapat Sertifikasi Kominfo

Tak hanya itu, saat membeli TV baru Anda dapat melakukan cek sertifikasi tipe langsung kepada sales toko.

Cara lain, untuk cek TV kita sudah digital atau masih analog, adalah dengan mengecek spesifikasi TV di situs resmi vendor televisi. Untuk ini, perlu mengetahui nama merek dan seri TV, yang biasanya tercantum di kardus atau buku manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com