Kompas.com - 28/04/2022, 19:30 WIB
Ilustrasi android TV. SHUTTERSTOCK/DANIEL GRASONIlustrasi android TV.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pemerintah bakal menghentikan siaran televisi (TV) analog alias analog switch off (ASO) di beberapa wilayah Indonesia secara bertahap.

Tahap pertama ASO akan rampung pada 30 April mendatang dan bakal dilanjutkan ke tahap berikutnya hingga tahap terakhir selambat-lambatnya pada 2 November mendatang.

Nantinya setelah siaran TV analog dimatikan, masyarakat hanya bisa menikmati siaran digital. Siaran digital hanya bisa diterima oleh TV digital atau TV biasa melalui aksesori pendukung set top box (STB).

Lantas, bagaimana dengan Smart TV atau Android TV? Apakah perlu STB untuk siaran digital?

Baca juga: 4 Ciri-ciri TV Digital, Pastikan Dulu Sebelum Membeli STB

Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Sebab, tidak semua Smart TV dan Android TV sudah mendukung siaran TV digital.

Dikutip dari halaman resmi Kementerian Kominfo, TV yang sudah bisa menangkap siaran digital tanpa STB harus sudah dibekali fitur DVB-T2.

Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Selengkapnya seperti dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

Masyarakat pun bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Di situs https://siarandigital.kominfo.go.id, Anda bisa memilih menu “Perangkat TV Digital”, dan memilih kategori "Televisi" di kolom "Pilih Kategori".

2. Selanjutnya, masukkan merek dan tipe TV Anda untuk melihat apakah perangkat yang Anda miliki sudah mendukung siaran TV digital atau belum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.