Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 42 Siaran TV Digital yang Bisa Dinikmati di Wilayah DKI Jakarta dan Sekitarnya

Kompas.com - 29/04/2022, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital (Analog Switch Off/ASO) tengah berlangsung secara bertahap.

Dalam waktu dekat, siaran TV analog di sejumlah wilayah di Indonesia akan mulai dimatikan pada 30 April 2022 mendatang. Setelah dimatikan, masyarakat akan dialihkan untuk menonton siaran TV digital.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di aplikasi SinyalTVDigital, Rabu (28/4/2022), ada 42 jenis konten siaran TV Digital yang sudah bisa dinikmati masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya seperti wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga: Simak, Ini Perbedaan TV Digital dan Analog

Sejumlah siaran TV yang biasa dinikmati masyarakat secara analog saat ini juga sudah tersedia untuk dinikmati secara digital. Misalnya, seperti saluran TVRI, NET TV, Metro TV, RCTI, MNC TV, GTV, SCTV, dan lainnya.

Sebenarnya, di aplikasi SinyalTVDigital, total konten siaran yang bisa disaksikan jumlahnya mencapai 52 saluran. Namun, berdasarkan pantauan KompasTekno, ada saluran yang ditulis berulang. Jadi, bila dihitung, jumlahnya hanya ada 42 konten siaran saja.

SinyalTVDigital sendiri adalah aplikasi resmi untuk mengecek jangkauan sinyal TV digital di Indonesia, termasuk mengecek ketersediaan channel TV Digital di wilayah Anda.

Baca juga: Siaran TV Digital Bisa Ditonton Gratis, Perlu Internet dan Antena Tidak?

Berikut daftar 42 konten siaran TV Digital yang bisa disaksikan masyarakat yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

  1. TVRI World
  2. TVRI Sport HD
  3. Muhammadiyah TV (TVMU)
  4. Inspira TV
  5. Badar TV
  6. Nusantara TV (NTV)
  7. DAAI TV
  8. Elshinta TV
  9. NET.HD
  10. CNN Indonesia
  11. Trans 7
  12. TransTV
  13. CNBC Indonesia
  14. MetroTV
  15. Magna Channel
  16. BN TV
  17. BBS TV
  18. UG TV
  19. My TV
  20. JPM TV
  21. Smile TV
  22. TVRI Nasional
  23. TVRI Jawa Barat
  24. TVRI World
  25. TVRI Sport HD
  26. Berita Satu
  27. Berita Satu World
  28. Berita Satu English
  29. Echannel
  30. RCTI
  31. MNCTV
  32. GTV
  33. INEWS
  34. RTV
  35. TVONE
  36. SPORTONE
  37. JAKTV
  38. ANTV
  39. SCTV
  40. INDOSIAR
  41. OCHANNEL TV
  42. Mentari TV

Perlu dicatat juga, daftar siaran di atas didapat dari aplikasi SinyalTVDigital per 28 April 2022. Tidak menutup kemungkinan, daftar tersebut bertambah atau berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu, untuk memastikan ketersediaan daftar lengkap konten siaran yang dapat Anda nikmati di rumah, tak ada salahnya mengecek langsung melalui aplikasi SinyalTVDigital.

Baca juga: 4 Ciri-ciri TV Digital, Pastikan Dulu Sebelum Membeli STB

Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk mengecek kekuatan jaringan dan ketersediaan konten siaran TV Digital di wilayah tempat tinggalnya.

Ketika dicek, tempat tinggal kami sebenarnya terletak di Tangerang. Namun, berdasarkan aplikasi SinyalTVDigital, tempat tinggal kami masih masuk ke wilayah siaran TV Digital DKI Jakarta. Sehingga kami juga sudah bisa menikmati 42 konten siaran TV Digital seperti daftar di atas.

Tim KompasTekno lain yang ditinggal di Bogor dan Bekasi juga mendapatkan konten siaran yang sama persis dengan di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Baca juga: Tak Perlu Tunggu 30 April, Siaran TV Digital Sudah Bisa Dicoba

Cara cek jangkauan sinyal TV digital lewat aplikasi

Ikuti panduan berikut untuk mengecek jangkauan sinyal TV Digital di wilayah Anda lewat aplikasi SinyalTVDigital.

  • Install aplikasi Sinyal TV Digital lewat toko aplikasi Apple App Store di tautan berikut, atau lewat Google Play Store di tautan berikut.
  • Sebelum menggunakan aplikasi, pastikan dulu pengguna sudah mengaktifkan fitur "lokasi" di ponselnya.
  • Setelah itu, buka aplikasi SinyalTVDigital.

Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara cek jangkauan sinyal TV Digital lewat aplikasi SinyalTVDigital.

  • Klik ikon "bidik" yang terdapat di sisi tengah bawah. Tujuannya agar aplikasi mendeteksi lokasi pengguna seakurat mungkin.
  • Pengguna akan melihat informasi soal lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau tempat tinggal Anda. Misalnya, wilayah tempat tinggal KompasTekno dijangkau oleh pemancar (transmitter) dari RTV.
  • Klik "see mux detail" untuk melihat informasi lebih lanjut soal sinyal TV Digital di daerah Anda, termasuk terkait kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya.
    Misalnya, kami mendapatkan "sinyal kuat", ditandai dengan legenda berwarna merah di peta. Bila legenda di peta berwarna hijau-kuning, tandanya kekuatan sinyal sedang. Bila warna legenda di peta abu-abu biru, artinya kekuatan sinyal lemah.

Tangkapan layar daftar konten siaran TV Digital yang sudah bisa disaksikan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar daftar konten siaran TV Digital yang sudah bisa disaksikan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

  • Lalu, klik icon "galeri" di sisi kanan bawah layar. Di sana, Anda bisa melihat daftar lengkap konten siaran TV Digital yang sudah bisa Anda saksikan di televisi Anda.

Baca juga: Daftar 116 Kabupaten/Kota yang Kebagian STB TV Digital Gratis pada Tahap I

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com