Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Terkini Mudik Lebaran 2022 Bisa Dipantau lewat Twitter

Kompas.com - 29/04/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 sudah mulai berlangsung. Kepadatan lalu lintas kendaraan pada arus mudik biasanya bakal terus meningkat hingga mendekati hari Lebaran, kemudian berlanjut saat arus balik nanti.

Adapun bagi pemudik yang ingin memantau info terkini mudik Lebaran 2022, bisa memanfaatkan layanan layanan dari berbagai platform, salah satunya melalui akun Twitter resmi perusahaan BUMN Jasa Marga.

Baca juga: 3 Cara Cek Rest Area Terdekat buat Mudik Lebaran 2022

Lewat akun Twitter Jasa Marga, pemudik bisa melihat informasi mengenai kondisi lalu lintas pada arus mudik yang tengah terjadi, khususnya untuk jalan tol. Admin Twitter Jasa Marga rutin mengirimkan unggahan mengenai info terkini mudik Lebaran 2022.

Selain info kepadatan lalu lintas, admin Twitter Jasa Marga juga memberikan kabar soal penutupan dan pengalihan jalan tol, sebagaimana yang tertera pada cuplikan di bawah ini.

Link Live streaming CCTV RTTMC Kemenhub

Kemudian, untuk memantau kemacetan lalu lintas mudik Lebaran 2022, pemudik juga bisa memanfaatkan website dengan layanan live streaming hasil tangkapan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik pada ruas jalan tertentu.

Dengan layanan tersebut, pemudik bisa melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat layar ponsel. Setelah mengetahui kondisi lalu lintas pada CCTV jalan tersebut, pemudik nantinya dapat menentukkan rute lain yang mungkin lebih lancar.

Salah satu website penyedia layanan live streaming CCTV yang bisa dimanfaatkan adalah RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center) dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan).

Layanan dari RTTMC Kemenhub itu bersumber dari kamera CCTV yang terpasang pada beberapa ruas jalan. Namun, tidak semua ruas jalan di Indonesia bisa dipantau lewat live streaming CCTV pada website RTTMC Kemenhub

Setidaknya, terdapat sekitar lebih dari 30 CCTV yang terpasang di titik rawan kemacetan, salah satunya seperti pada jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Supaya bisa cek kemacetan lalu lintas, kunjungi link live streaming CCTV berikut http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv, lewat browser di ponsel. Setelah website terbuka, pilih tayangan langsung CCTV jalan pada lokasi tertentu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.