Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Huawei Mate Xs 2 Meluncur dengan Snapdragon 888, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 29/04/2022, 12:45 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Huawei akhirnya memperbarui katalog smartphone lipat buatannya dengan meluncurkan Huawei Mate Xs 2. Smartphone ini merupakan penerus dari Mate Xs yang diluncurkan perusahaan pada dua tahun lalu.

Menariknya, Huawei menggunakan desain yang berbeda untuk Mate Xs 2 dibanding smartphone lipat merek lain.

Meski demikian, desainnya hampir serupa dengan Mate XS generasi pertama. Sebab, konsep lipatnya sama-sama dilipat keluar, berbeda dengan smartphone lipat pada umumnya yang mengusung konsep lipat ke dalam.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Mate Xs Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Rp 39 Juta

Mengingat Mate Xs 2 dirancang sebagai smartphone premium, material yang digunakan pada ponsel ini juga berkualitas.

Bodinya dibuat dari material yang mirip dengan campuran titanium kelas penerbangan, fiberglass ultra ringan serta baja yang ringan namun kuat. Adapun penampangnya menggunkaan material mikrofiber.

Dengan sejumlah komponen tersebut, smartphone lipat ini memiliki bobot 225 gram.

Spesifikasi Huawei Mate Xs 2

Dalam posisi terlipat, Huawei Mate Xs 2 tampil dengan layar 6,7 inci. Namun saat dibentangkan, layarnya menjadi lebih luas, yaitu 7,8 inci. Panel layar yang digunakan adalah OLED dengan resolusi 2480 x 2200 piksel saat dibentangkan. Saat dilipat, resolusinya menjadi 2480 x 1176.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad 10,4 Inci Resmi di Indonesia, Harga Rp 5 Juta

Huawei juga menyematkan dukungan refresh rate layar 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz dan kerapatan piksel 424ppi. Layarnya sendiri didesain memiliki lubang untuk mengakomodasi kamera depan perangkat. 

Di sektor dapur pacu, Huawei Mate Xs 2 ditenagai oleh chipset Snapdragon 888 besutan Qualcomm. Chip ini dibuat dengan proses fabrikasi 5nm, memiliki CPU octa-core yang menawarkan kecepatan (clock speed) hingga 2.84 GHz.

Selain itu chip tersebut juga padukan dengan GPU Adreno 660 untuk mengolah kebutuhan grafis ponsel.

Chip tersebut dikombinasikan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan yaitu RAM 8 GB dan 12 GB serta memori internal 256 GB dan 512 GB. Penyimpanannya dapat diperluas menggunakan kartu microSD dengan kapasitas hingga 256 GB.

Di sektor daya, Huawei Mate Xs 2 ditopang oleh baterai 4.600 mAh yang didukung pengisian ulang cepat (fast charging) 66 watt.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Huawei mengeklaim dukungan tersebut mampu mengisi ulang daya smartphone hingga 90 persen hanya dalam 30 menit. Huawei juga menyertakan sistem pendingin liquid Graphene untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil.

Baca juga: Huawei Nova 9 SE Meluncur dengan Snapdragon 680

Beralih ke aspek kamera, smartphone lipat Huawei ini dibekali tiga kamera belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2) dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4) yang mampu mengakomodasi zoom optik hingga 3 kali dan Optical Image Stabilization (OIS).

Adapun kamera depannya berjenis ultrawide dan memiliki resolusi 10,7 MP (f/2.2). Kamera ini ditempatkan pada lubang layar, tepatnya di sudut kanan atas ponsel.

Huawei Mate Xs 2 meluncur di ChinaHuawei Huawei Mate Xs 2 meluncur di China

Halaman:
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com