Kompas.com - 01/05/2022, 12:01 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Lebaran Idul Fitri menjadi momen berharga bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga. Salah satu kegiatan yang tak boleh ketinggalan adalah melakukan foto bersama keluarga.

Meskipun Anda tidak memiliki kamera untuk menghasilkan foto keluarga yang bagus, Anda dapat memanfaatkan kamera smartphone untuk berfoto bersama.

Agar hasil foto keluarga dengan smartphone tidak kalah dengan menggunakan kamera, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa sajakah itu? Berikut ini lima tips foto keluarga dengan smartphone untuk lebaran 2022.

Baca juga: Modal Smartphone Juga Bisa Hasilkan Foto Low Light Keren, Ini 5 Tipsnya

Pastikan kamera smartphone bersih dan tidak ada noda

Bagian punggung Vivo T1 Pro 5G dihuni oleh dua modul kamera yang mencakup kamera utama 64 Extreme Night Selfie, kamera 8 MP Super Wide-Angle dan kamera 2 MP Super Macro.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bagian punggung Vivo T1 Pro 5G dihuni oleh dua modul kamera yang mencakup kamera utama 64 Extreme Night Selfie, kamera 8 MP Super Wide-Angle dan kamera 2 MP Super Macro.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan baik kamera belakang atau depan bersih tidak ada noda apapun. Hal ini dikarenakan smartphone yang memiliki intensitas penggunaan yang tinggi, terkadang membuat pengguna kurang memperhatikan kebersihan layar kamera.

Noda-noda tersebut biasanya berasal dari bekas sidik jari pengguna sendiri. Maka dari itu bersihkan bagian kamera sebelum memotret agar kualitas gambar tidak buram. 

Perhatikan pencahayaan

Ring lightTom's guide Ring light

Selanjutnya adalah memperhatikan pencahayaan sebelum foto. Usahakan tidak menggunakan cahaya yang rendah dan tidak memakai flash smartphone. Jika melakukan foto dalam ruangan usahakan gunkan properti lighting yang ideal salah satunya menggunakan ring light.

Jika memungkinkan lebih baik berfoto menggunakan cahaya alami atau berada di luar ruangan. Adapun waktu yang tepat untuk berfoto di luar ruangan adalah setelah matahari terbit dan sesat sebelum matahari terbenam.

Potret dalan lanskap

LanskapDigitaltrends Lanskap

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.