Cara Broadcast Ucapan Selamat Idul Fitri via WhatsApp

Kompas.com - 01/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Jelang Lebaran 2022, biasanya sebagian masyarakat Indonesia mulai saling berkirim pesan yang berisi ucapan selamat Idul Fitri melalui berbagai platform, termasuk salah satunya adalah WhatsApp.

Pesan ucapan selamat Idul Fitri kadang sudah disiapkan terlebih dahulu dalam sebuah templat tertentu. Kemudian, templat pesan tersebut disalin dan ditempel ke kolom obrolan pada grup atau kontak tertentu di WhatsApp.

Baca juga: Tak Perlu Ketik Panjang Lebar, Begini Cara Membuat Stiker WA Ucapan Selamat Lebaran 2022

Kendati tinggal salin dan tempel templat pesan, mungkin bakal menjadi kegiatan yang cukup menguras tenaga bila harus membagikan ucapan selamat Idul Fitri ke banyak kontak di WhatsApp, secara satu per satu.

Anda harus mencari kontak di WhatsApp terlebih dahulu baru bisa mengirim pesan tersebut, lalu mengulanginya lagi hingga selesai semua.

Sementara mengirim pesan ke banyak kontak secara satu per satu itu mungkin melelahkan, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan fitur broadcast atau siaran yang ada di WhatsApp.

Fitur broadcast WhatsApp memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ucapan selamat Idul Fitri dengan templat yang sama ke banyak kontak secara sekaligus, sehingga bisa cukup menghemat waktu dan tenaga.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara mengirim broadcast di WhatsApp? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara mengirim pesan broadcast di WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, kemudian pilih opsi “Daftar Siaran” yang tertera di bagian atas pojok kiri layar
  • Kemudian, klik opsi “Daftar Baru” dan pilih beberapa kontak untuk dikirim pesan ucapan selamat Idul Fitri
  • Selanjutnya, bakal muncul halaman obrolan baru yang berisi daftar kontak terpilih
  • Terakhir, silakan buat pesan ucapan pesan ucapan selamat Idul Fitri di kolom obrolan pada halaman baru tersebut dan ketuk opsi kirim.

Ilustrasi cara mengirim broadcast di WhatsAppKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengirim broadcast di WhatsApp

Pesan bakal terkirim otomatis ke semua kontak yang telah dipilih tadi. Lalu, berapa maksimal broadcast WhatsApp dapat dilakukan?

Perlu diketahui, broadcast WhatsApp bisa dilakukan maksimal ke 256 kontak. Namun, pesan yang dikirimkan melalui fitur broadcast ini hanya bisa diterima oleh kontak yang telah menyimpan nomor WhatsApp Anda.

Kemudian, setiap pesan yang terkirim dari halaman broadcast akan diterima dalam bentuk private chat. Bila telah selesai mengirim pesan, Anda juga bisa menghapus halaman broadcast itu. Caranya, ketuk dan tahan halaman broadcast di daftar obrolan, lalu pilih opsi hapus.

Sebagai catatan pula, cara di atas dijajal melalui aplikasi WhatsApp yang terdapat di perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 15.4.1. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal berbeda pula letak opsi dan tahapannya.

Baca juga: Kapan Lebaran 2022? Ini Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 1443 H

Itulah informasi seputar cara broadcast WhatsApp untuk mengirim pesan ucapan selamat Idul Fitri ke banyak kontak sekaligus, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.