Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan Game PS5 Elden Ring jika Dimainkan di Game Boy

Kompas.com - 03/05/2022, 08:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game Elden Ring mendapat popularitas yang tinggi karena dinilai berhasil gameplay yang menegangkan dan visual yang memukau.

Game ini membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi, alhasil Elden Ring hanya hadir di konsol next gen seperti PS4, PS5, Xbox Series X/S, serta PC.

Namun, apa jadinya jika game besutan FromSoftware Inc. itu dimainkan di konsol lawas Nintendo Game Boy?

Streamer game ShintendoTV membuat Elden Ring versi Game Boy. ShintendoTV sendiri merupakan streamer yang kerap mengunggah konten game di YouTube tersebut berupaya untuk melakukan demake dari game Elden Ring.

Cuplikan gameplay pada game Elden Ring versi demake yang dikembangkan oleh shintendoTV.shintendoTV/Kotaku Cuplikan gameplay pada game Elden Ring versi demake yang dikembangkan oleh shintendoTV.

Baca juga: Spesifikasi PC untuk Main Game Elden Ring, RAM Minimal 12 GB

Proyek ini dilakukan shintendoTV diumumkan melalui sebuah unggahan di Reddit.

"Saya sedang membuat demake Elden Ring untuk Game Boy. (Game) ini akan dapat dimainkan di hardware (Game Boy) aslinya," tulis shintendoTV.

Demake sendiri merupakan proses pengembangan yang bertolak belakang dengan Remake. Demake membuat game yang semula hanya dimainkan di konsol modern dirilis ulang dan bisa dimainkan di konsol game lawas.

Sejak 22 April lalu, shintendoTV telah mengunggah cuplikan Elden Ring versi Game Boy melalui sebuah video pendek di YouTube.

Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, penonton bisa melihat tampilan grafis dan gameplay yang akan disajikan pada Elden Ring versi demake.

Elden Ring yang tengah dikembangkan shintendoTV dikemas dalam grafis 8-bit khas Game Boy. Berbeda dari game orisinalnya, gameplay Elden Ring versi demake dibuat menjadi lebih sederhana.

Game ini mampu menyajikan dua fungsi kontrol dasar. Pemain dapat meluncurkan serangan dengan menekan tombol B. Serangan yang dilancarkan di dalam game akan diindikasikan dengan ikon pedang yang muncul, baik pada karakter maupun musuh.

Baca juga: Elden Ring di PC Rentan Disusupi Hacker, Pemain Diimbau Nonaktifkan Fitur Multiplayer

Pemain game Elden Ring versi demake nantinya dapat meluncurkan serangan dengan menekan tombol B.YouTube/shintendoTV Pemain game Elden Ring versi demake nantinya dapat meluncurkan serangan dengan menekan tombol B.
Ketika melawan musuh, pemain juga bisa menekan tombol A untuk berguling menghindari serangan. Di akhir video, penonton juga bisa menyaksikan kemunculan Grafted Scion yang merupakan salah satu boss di game Elden Ring.

Nantinya, pemain juga akan menjumpai notifikasi "You Died" khas Elden Ring yang mengindikasikan bahwa karakter yang sedang dimainkan telah mati.

Game demake yang sedang digarap shintendoTV juga menjanjikan beragam elemen dan karakter yang ada di game Elden Ring. Salah satunya termasuk Chucrch of Elleh, sebuah lokasi ikonik di mana pemain akan berjumpa dengan NPC pemandu bernama Melina.

Selama proses pembuatan Elden Ring versi Game Boy, shintendoTV menggunakan software bernama GB Studio 3.0. Perkembangan game juga akan disiarkan secara live streaming melalui kanal Twitch shintendoTV.

Baca juga: Pembajak Game Nintendo Switch Didenda Rp 208 Miliar dan Dipenjara

Dalam sebuah sesi live streaming, shintendoTV mengaku tidak memiliki alasan pasti saat hendak mengembangkan game Elden Ring ini. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IGN SEA, Minggu (1/5/2022), Elden Ring bukanlah game pertama yang dibuat versi demake.

Sebelumnya, Bloodbourne yang turut dirilis oleh pengembang FromSoftware Inc. memiliki versi demake untuk konsol PlayStation 1 (PS1).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com