Kompas.com - 03/05/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - GetContact adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi nomor telepon orang lain yang tidak dikenal atau belum tercatat dalam daftar kontak.

Informasi nomor telepon, nama, dan tag yang muncul di GetContact dikumpulkan dari data-data kontak pengguna lain yang memiliki aplikasi GetContact. Data tersebut dihimpun dalam database yang nantinya bisa digunakan untuk seluruh pengguna aplikasi.

GetContact kerap digunakan untuk mengenali sebuah nomor telepon asing yang masuk. Apabila sebuah nomor dilabeli banyak pengguna sebagai "penipu" atau "spam", maka pengguna dapat dengan mudah memblokir nomor tersebut.

Namun dalam beberapa kasus tertentu, GetContact bisa disalahgunakan oleh pengguna lain. Misalnya, dengan melabeli sebuah nomor telepon dengan kata-kata kasar atau memberikan julukan yang dapat mencoreng nama pemilik nomor telepon tersebut.

Baca juga: WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Untuk mengatasi masalah tersebut, GetContact menyediakan fitur yang dapat menyembunyikan nama pengguna dari daftar database aplikasi.

Dengan kata lain, nomor telepon pengguna tidak lagi dapat dicari melalui GetContact, sehingga seluruh tag yang sebelumnya ada akan ikut menghilang.

Sebagai gantinya, pengguna tak lagi akan bisa menggunakan seluruh fungsi di GetContact.

Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna yang korban penyalahgunaan tagging di Get Contact.

Cara menyembunyikan nomor telepon di GetContact bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi aplikasi. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam bagi GetContact untuk menyembunyikan tag dan nomor pengguna.

Untuk mengetahui cara menyembunyikan kontak di GetContact, silakan simak langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Semua Kontak di iPhone dengan Mudah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.