Cara Reset iPhone Tanpa Password via iTunes dengan Mudah

Kompas.com - 05/05/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna iPhone, mungkin pernah mengalami lupa password perangkat atau biasa juga dikenal dengan passcode. Kombinasi passcode yang rumit bisa membantu mengamankan layar iPhone agar tidak mudah diakses oleh sembarang orang.

Namun di sisi lain, kombinasi passcode yang cukup rumit bisa juga membuat pengguna kesulitan untuk selalu mengingatnya. Alhasil, lupa passcode untuk membuka layar kunci iPhone itu mungkin terjadi.

Baca juga: Kenapa iPhone Cepat Panas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain untuk membuka layar kunci, passcode iPhone memiliki fungsi yang cukup penting dalam memberikan izin mengakses pada beberapa tindakan, salah seperti reset atau memuat ulang perangkat ke pengaturan pabrik.

Saat ingin reset iPhone melalui menu “Pengaturan”, pengguna akan diminta untuk memasukkan passcode terlebih dahulu. Bila sampai lupa passcode iPhone maka pengguna tidak bisa melakukan reset.

Jangankan melakukan reset, membuka layar kunci pun bakal kesusahan bila pengguna lupa passcode iPhone. Lantas, bagaimana cara reset iPhone tanpa password akibat kelupaan?

Apabila ingin melakukan reset iPhone tapi lupa password, caranya adalah dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi iTunes yang terdapat di desktop (laptop atau komputer), sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Perlu diketahui, iTunes sendiri merupakan aplikasi dari Apple yang berfungsi sebagai penghubung antara iPhone dan laptop. iTunes memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk memperbarui atau memulihkan iPhone ke pengaturan awal pabrik.

Dari fitur tersebut, pengguna bisa memulihkan iPhone ke pengaturan awal pabrik, tanpa harus memasukkan password perangkat layaknya cara reset melalui menu “Pengaturan”. Untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan cara reset iPhone tanpa passcode.

Cara reset iPhone tanpa password via iTunes

  • Buka aplikasi iTunes di desktop Anda. Bila belum memilikinya, silakan unduh dulu di tautan ini. Pastikan mengunduh iTunes sesuai dengan versi sistem operasi yang digunakan pada desktop Anda.
  • Matikan iPhone dan masuk ke Recovery Mode
  • Cara masuk ke Recovery Mode berbeda-beda di tiap model iPhone
    • iPhone 8 dan yang lebih baru: saat iPhone mati, tekan dan tahan tombol Power atau Side
    • iPhone 7 series: saat iPhone mati, tekan dan tahan tombol Volume Down
    • iPhone 6s dan yang lebih lama: saat iPhone mati, tekan dan tahan tombol Home
  • Tekan dan tahan tombol tersebut hingga muncul tampilan layar seperti pada gambar di bawah ini
    Ilustrasi tampilan layar Recovery Mode iPhonesupport.apple.com Ilustrasi tampilan layar Recovery Mode iPhone
  • Mulai sambungkan iPhone ke iTunes yang telah terinstal di dekstop dengan kabel lightning
  • Tunggu beberapa saat hingga iPhone terdeteksi oleh iTunes
  • Kemudian, pada layar aplikasi iTunes bakal muncul opsi “Restore” atau “Update”. Pilih opsi “Restore”
    Ilustrasi cara reset iPhone tanpa password via iTunessupport.apple.com Ilustrasi cara reset iPhone tanpa password via iTunes
  • Tunggu proses reset berjalan hingga layar memulai pengaturan perangkat muncul
  • Selesaikan pengaturan iPhone hingga muncul layar Home.

Baca juga: 3 Cara Mengubah Nama AirDrop di iPhone, iPad, dan Macbook

Dengan cara ini, seluruh data dan pengaturan di iPhone Anda bakal terhapus, berikut juga passcode yang telah ditambahkan sebelumnya. Itulah cara reset iPhone tanpa passcode via iTunes, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.