Kompas.com - 05/05/2022, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasiWindows sudah berusia hampir 37 tahun. Sejak dirilis pertama kali pada 20 November 1985, OS Windows menjadi salah satu produk andalan dari Microsoft hingga kini.

Data Statista mencatat Windows masih menjadi penguasa untuk pangsa sistem operasi untuk Desktop pada Desember 2021 dengan persentase hampir mencapai 74 persen.

Windows memiliki lebih dari 20 lebih versi sistem operasi sejak Windows 1.0 diluncurkan hingga sekarang. Dan pada penggantian beberapa versi, Microsoft juga mengganti logo OS Windows.

Dari tahun ke tahun selama tiga dekade lebih, logo Windows mengalami banyak perubahan. Tercatat dari tahun 1985 hingga 2022, ada lebih dari 15 logo yang pernah dipakai oleh Windows.

Baca juga: 5 Alternatif Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word

Lalu, seperti apa logo yang pernah digunakan Windows hingga saat ini?

Windows 1.0 dan 2.0

Logo Microsoft Era Windows 1.0 dan 2.0HowToGeek Logo Microsoft Era Windows 1.0 dan 2.0
Ini adalah logo pertama yang digunakan oleh Microsoft untuk sistem operasi miliknya, Windows. Bentuk logo jendela yang digunakan menggunakan empat panel yang tidak simetris.

Laporan HowToGeek menyebut logo ini tidak dipergunakan oleh perusahaan secara luas, namun, penggunaan logo ini lebih banyak untuk acara internal perusahaan seperti Seminar Pengembangan Microsoft Windows, dan beberapa kopi software sistem operasi Windows yang tidak banyak jumlahnya.

Logo ini digunakan pada tahun 1985 sampai 1989.

Windows 3.0 dan Windows NT

Logo Microsoft Era Windows 3.0HowToGeek Logo Microsoft Era Windows 3.0
Ini pertama kalinya Windows menggunakan logo yang berbentuk jendela, yakni memiliki bingkai persegi dengan empat panel di tengahnya. Logo ini digunakan pada tahun 1990 hingga 1991.

Uniknya, logo pada era Windows 3.0 tidak memiliki kepastian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber howtogeek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.