Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi TikTok Error

Kompas.com - 06/05/2022, 16:00 WIB
BRD,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagaimana aplikasi atau layanan berbasis online, TikTok tidak kebal dari masalah atau error.

TikTok error yang kerap dialami pengguna misalmya, aplikasi tidak bisa dibuka,freezing atau tampilan tidak berubah meski sudah menekan beberapa fitur di aplikasi, crashing atau tiba-tiba aplikasi tertutup dengan sendirinya, dan lagging atau aplikasi berjalan lebih lamban dari biasanya.

Apabila TikTok mengalami error, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut KompasTekno rangkumkan beberapa cara mengatasi TikTok Error, dihimpun dari AndroidAuthority, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Game Roblox Dilaporkan Error Hari Ini, Ada Apa?

1. Cek koneksi internet

Saat TikTok dirasa mengalami gangguan, segeralah untuk mengecek koneksi internet di smartphone Anda. Bisa jadi, masalah bukan berasal dari aplikasinya, melainkan bersumber dari koneksi internet yang digunakan.

Jika memang koneksi yang bermasalah, Anda bisa mengubah sambungan internet, misalanya dari WiFi ke mobile data atau operator seluler yang Anda gunakan atau sebaliknya.

Kemudian, Anda bisa mengecek kecepatan masing-masing jaringan baik WiFi dan mobile data dengan beberapa situs pengecekan koneksi gratis seperti nperf.com, fast.com, dan speedtest.net.

Anda bisa melakukan pengecekan sembari mengganti posisi Anda. Mungkin, Anda berada di lokasi yang cukup jauh dari WiFi sehingga koneksi yang diterima ponsel Anda menjadi lemah.

Bisa jadi pula, Anda berada di ruangan dengan tembok yang cukup tebal, sehingga jaringan mobile data Anda tidak cukup kuat untuk mendapatkan koneksi internet.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi WhatsApp Versi Desktop yang Error

2. Restart aplikasi dan ponsel

Salah satu cara sederhana yang berfungsi untuk mengatasi kendala seperti TikTok yang tidak bisa dibuka, freezing, lagging, crashing, adalah dengan melakukan restart pada aplikasi atau ponsel Anda.

Anda cukup menutup aplikasi TikTok sepenuhnya, lalu mmebuka dan menjalankan ulang aplikasi TikTok. Langkah ini bisa digunakan untuk ponsel Android ataupun iOS.

Kemudian, jika masih belum bisa, nyalakan ulang ponsel Anda. Menyalakan ulang ponsel Anda akan menyetop aplikasi-aplikasi lainnya yang mungkin memperlambat kinerja ponsel Anda sehingga TikTok mengalami lagging, freezing, dan crashing.

Baca juga: 5 Jenis Server Error pada Website dan Cara Mengatasinya

3. Cek update aplikasi

Pastikan aplikasi TikTok yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Dengan demikian, Anda harus rajin-rajin mengecek pembaruan atau update aplikasi di Play Store (Android0 atau App Store (iOS).

Aplikasi versi terbaru memungkinkan penggunanya mengakses layanan lebih lancar. Sebab, tidak jarang pengembang memberikan pembaruan keamanan untuk memperbaiki bug yang bisa jadi penyebab TikTok error.

Bagi pengguna Android, cara mengecek update aplikasi TikTok adalah membuka Google Play Store, kemudian pilih "Manage app and devices" atau "Kelola aplikasi dan perangkat", kemudian pilih "Updates available" atau "Pembaruan yang tersedia".

Cukup scroll ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi TikTok. Jika tidak ditemukan, maka aplikasi Anda sudah mendapat pembaruan yang terbaru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com