Kompas.com - 06/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagaimana aplikasi atau layanan berbasis online, TikTok tidak kebal dari masalah atau error.

TikTok error yang kerap dialami pengguna misalmya, aplikasi tidak bisa dibuka,freezing atau tampilan tidak berubah meski sudah menekan beberapa fitur di aplikasi, crashing atau tiba-tiba aplikasi tertutup dengan sendirinya, dan lagging atau aplikasi berjalan lebih lamban dari biasanya.

Apabila TikTok mengalami error, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut KompasTekno rangkumkan beberapa cara mengatasi TikTok Error, dihimpun dari AndroidAuthority, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Game Roblox Dilaporkan Error Hari Ini, Ada Apa?

1. Cek koneksi internet

Saat TikTok dirasa mengalami gangguan, segeralah untuk mengecek koneksi internet di smartphone Anda. Bisa jadi, masalah bukan berasal dari aplikasinya, melainkan bersumber dari koneksi internet yang digunakan.

Jika memang koneksi yang bermasalah, Anda bisa mengubah sambungan internet, misalanya dari WiFi ke mobile data atau operator seluler yang Anda gunakan atau sebaliknya.

Kemudian, Anda bisa mengecek kecepatan masing-masing jaringan baik WiFi dan mobile data dengan beberapa situs pengecekan koneksi gratis seperti nperf.com, fast.com, dan speedtest.net.

Anda bisa melakukan pengecekan sembari mengganti posisi Anda. Mungkin, Anda berada di lokasi yang cukup jauh dari WiFi sehingga koneksi yang diterima ponsel Anda menjadi lemah.

Bisa jadi pula, Anda berada di ruangan dengan tembok yang cukup tebal, sehingga jaringan mobile data Anda tidak cukup kuat untuk mendapatkan koneksi internet.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi WhatsApp Versi Desktop yang Error

2. Restart aplikasi dan ponsel

Salah satu cara sederhana yang berfungsi untuk mengatasi kendala seperti TikTok yang tidak bisa dibuka, freezing, lagging, crashing, adalah dengan melakukan restart pada aplikasi atau ponsel Anda.

Anda cukup menutup aplikasi TikTok sepenuhnya, lalu mmebuka dan menjalankan ulang aplikasi TikTok. Langkah ini bisa digunakan untuk ponsel Android ataupun iOS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.